Resep Donat Susu Tanpa Telur, Tetap Lembut dan Mengembang

Resep Donat Susu Tanpa Telur, Tetap Lembut dan Mengembang

Resep Donat Susu Tanpa Telur, Tetap Lembut dan Mengembang-Ilustrasi-Berbagai Sumber

BACA JUGA:Jangan Remehkan! 7 Kebiasaan Sehari-hari Setelah Olahraga Berat yang Bisa Membahayakan Kesehatan Anda

Cara Membuat:

1. Campurkan tepung terigu, gula pasir, ragi instan, dan vanili bubuk dalam mangkuk besar. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.

2. Tuangkan susu cair hangat sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan mulai terbentuk.

3. Tambahkan mentega leleh dan garam ke dalam adonan, lalu uleni adonan hingga kalis dan elastis. Ini membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit.

4. Letakkan adonan dalam mangkuk yang telah diolesi sedikit minyak, lalu tutup dengan kain bersih atau plastik wrap. Diamkan selama 1-2 jam di tempat hangat hingga adonan mengembang dua kali lipat.

5. Setelah adonan mengembang, kempiskan adonan untuk mengeluarkan udara yang terperangkap. Giling adonan dengan ketebalan sekitar 1 cm.

6. Gunakan cetakan donat atau gelas untuk membentuk adonan menjadi bulat, dan gunakan tutup botol kecil untuk membuat lubang di tengahnya. Letakkan donat yang sudah dibentuk di atas nampan yang sudah ditaburi sedikit tepung.

7. Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Pastikan minyak cukup panas sebelum mulai menggoreng donat.

8. Goreng donat hingga berwarna keemasan, balikkan donat agar kedua sisi matang merata. Angkat dan tiriskan donat pada kertas tisu untuk menghilangkan kelebihan minyak.

9. Setelah donat sedikit dingin, kamu bisa menambahkan topping sesuai selera, seperti gula halus, cokelat leleh, atau selai buah.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: