Berpengaruh Terhadap Kualitas Hidup, Kenali Gejala dan Penyebab Gangguan Kesehatan Mental Psikotik

Berpengaruh Terhadap Kualitas Hidup, Kenali Gejala dan Penyebab Gangguan Kesehatan Mental Psikotik

Berpengaruh Terhadap Kualitas Hidup, Kenali Gejala dan Penyebab Gangguan Kesehatan Mental Psikotik-Ilustrasi-rmonline.id

RMONLINE.ID - Penyakit psikotik merupakan salah satu gangguan mental yang serius dan kompleks, ditandai dengan hilangnya kontak dengan realitas. 

Individu yang mengalami psikosis sering kali mengalami kesulitan membedakan antara apa yang nyata dan apa yang hanya ada dalam pikiran mereka. 

Kondisi ini dapat sangat mempengaruhi kehidupan sehari-hari penderita dan orang-orang di sekitarnya. 

Dirangkum dari berbagai sumber, rmonline.id akan menjelaskan secara lengkap tentang penyakit psikotik, gejala-gejalanya, dan berbagai faktor yang dapat menjadi penyebabnya.

BACA JUGA:Kenikmatan Tersembunyi dari Solo! Inilah Nikmatnya Sate Buntel Khas Solo

BACA JUGA:Bisa Jadi Kunci Kesuksesan, Yuk Kenali Istilah Self Esteem dan Manfaatnya

Penyakit psikotik dapat mewujud dalam berbagai bentuk, namun beberapa gejala umum meliputi:

1. Halusinasi: Penderita mungkin melihat, mendengar, atau merasakan sesuatu yang tidak ada dalam realitas. Halusinasi pendengaran, seperti mendengar suara-suara, adalah yang paling umum.

2. Delusi: Keyakinan yang salah dan tidak berdasar yang dipegang teguh meskipun bertentangan dengan bukti atau logika. Misalnya, keyakinan bahwa seseorang sedang dikejar atau diawasi.

3. Gangguan pikiran: Pola pikir yang tidak teratur atau tidak logis, sering ditandai dengan pembicaraan yang tidak koheren atau melompat-lompat.

4. Perubahan perilaku: Perilaku yang tidak biasa atau tidak sesuai dengan situasi, seperti tertawa tanpa sebab atau berbicara sendiri di tempat umum.

5. Perubahan emosi: Respons emosional yang tidak sesuai, seperti tidak menunjukkan emosi sama sekali (flat affect) atau menunjukkan emosi yang berlebihan.

BACA JUGA:Dikenal Sebagai Obat Tipes, Inilah Berbagai Manfaat Lain dari Cacing Tanah Bagi Kesehatan

BACA JUGA:Mengulik Berbagai Manfaat Teh Chamomile, Minuman Herbal yang Kaya Manfaat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: