Awas! Inilah Carpal Tunel Syndrome, Penyakit Mengintai Karena Terlalu Lama Bekerja di Balik Layar

Awas! Inilah Carpal Tunel Syndrome, Penyakit Mengintai Karena Terlalu Lama Bekerja di Balik Layar

Awas! Inilah Carpal Tunel Syndrome, Penyakit Mengintai Karena Terlalu Lama Bekerja di Balik Layar-Ilustrasi-Berbagai Sumber

RMONLINE.ID - Di era digital seperti sekarang, bekerja online telah menjadi norma baru bagi banyak orang. 

Namun, di balik kemudahan dan fleksibilitas yang ditawarkan, tersembunyi ancaman kesehatan yang sering kali luput dari perhatian kita. 

Salah satu masalah kesehatan yang sering muncul akibat penggunaan komputer atau gadget yang berlebihan adalah carpal tunnel syndrome (CTS). 

Mari kita telusuri lebih dalam tentang kondisi ini dan bagaimana mengenali gejalanya.

Carpal tunnel syndrome adalah kondisi di mana saraf median yang berjalan dari lengan bawah ke tangan mengalami tekanan atau kompresi di pergelangan tangan. 

BACA JUGA:3 Tips Membuat Chicken Katsu, Renyah dan Lezat

BACA JUGA:Pria Wajib Tahu!! Ini Loh Cara Mengembalikan Mood Wanita Agar Kembali Ceria

Saraf median bertanggung jawab untuk sensasi di bagian telapak tangan dan jari, kecuali jari kelingking. 

Ketika saraf ini tertekan, dapat menyebabkan berbagai gejala yang mengganggu.

Terdapat beberapa gejala yang dapat dirasakan penderita. Berikut ini beberapa gejala yang akan dirasakan oleh penderita:

1. Mati Rasa dan Kesemutan

Gejala paling umum dari CTS adalah sensasi mati rasa atau kesemutan di ibu jari, telunjuk, jari tengah, dan setengah jari manis. Sensasi ini sering digambarkan seperti "tertusuk jarum" atau "terbakar". Biasanya, gejala ini muncul secara bertahap dan mungkin terasa lebih intens di malam hari atau saat bangun tidur.

2. Nyeri Pergelangan Tangan

Rasa sakit di pergelangan tangan adalah gejala lain yang sering dialami penderita CTS. Nyeri ini bisa menjalar ke lengan bawah atau bahkan sampai ke bahu. Intensitas nyeri bisa bervariasi dari ringan hingga sangat mengganggu, terutama saat melakukan aktivitas yang melibatkan pergerakan pergelangan tangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: