Apakah Kucing Bisa Tahu Jika Majikannya Sedang Sedih?

Apakah Kucing Bisa Tahu Jika Majikannya Sedang Sedih?

Apakah Kucing Bisa Tahu Jika Majikannya Sedang Sedih?-Ilustrasi-Berbagai Sumber

RMONLINE.ID - Kucing adalah hewan yang dikenal mandiri dan kadang-kadang terkesan acuh tak acuh, tetapi kenyataannya mereka memiliki kemampuan yang cukup tajam dalam merasakan emosi manusia. 

Banyak pemilik kucing melaporkan bahwa kucing mereka tampak lebih perhatian ketika mereka sedang sedih atau stres. Lalu, bagaimana sebenarnya kucing bisa tahu jika majikannya sedang sedih?

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Animals pada tahun 2020, kucing dapat mengenali emosi manusia melalui pengamatan pendengaran dan visual. 

BACA JUGA:Semakin Merajalela, Inilah Cara Berhenti Kecanduan Bermain Judi Online

BACA JUGA:Jangan Sia-siakan! 6 Cara Untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan Melalui Instagram

Mereka dapat membedakan berbagai ekspresi wajah dan nada suara manusia, serta mengasosiasikan perubahan tersebut dengan keadaan emosional pemiliknya. Ketika manusia berbicara dengan suara yang lebih pelan atau lembut, kucing bisa memahami bahwa ada sesuatu yang tidak biasa

Pakar perilaku hewan, seperti Ragen McGowan dari Purina, menyatakan bahwa kucing memang memiliki kemampuan untuk merasakan perubahan emosi pada pemiliknya. Selama pandemi, ketika banyak orang menghabiskan lebih banyak waktu di rumah bersama hewan peliharaannya, ikatan antara manusia dan kucing menjadi lebih kuat. 

McGowan menjelaskan bahwa kedekatan ini memungkinkan kucing untuk lebih mudah mengenali dan merespons emosi negatif pemiliknya, meskipun hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut

Kucing tidak hanya mengandalkan penglihatan dan pendengaran mereka, tetapi juga penciuman. Mereka memiliki indra penciuman yang tajam dan mampu mendeteksi perubahan aroma tubuh manusia yang mungkin terjadi akibat emosi yang kuat seperti kesedihan. 

Meskipun belum ada bukti konkret bahwa manusia mengeluarkan feromon khusus saat sedih, kucing dapat merasakan perubahan dalam perilaku dan suasana hati pemiliknya melalui isyarat visual dan aroma.

BACA JUGA:Awas! Serangan Jantung Akan Menghantuimu Ketika Trigliserida dalam Tubuh Tinggi

BACA JUGA:Minum Kopi Bikin Ngantuk? Mitos atau Fakta? Ini Penjelasan Ilmiahnya!

Selain itu, kucing adalah hewan yang sangat peka terhadap lingkungan mereka dan rutinitas sehari-hari. Mereka bisa merasakan ketika ada perubahan dalam kebiasaan dan tingkah laku pemiliknya. 

Misalnya, jika seorang pemilik kucing tiba-tiba lebih banyak duduk diam, menangis, atau menunjukkan tanda-tanda stres, kucing cenderung akan lebih sering mendekat dan berusaha memberikan kenyamanan dengan cara mereka sendiri, seperti menyenderkan tubuhnya atau mendengkur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: