Orang Tua wajib Tau! 7 Tanda Psikologis Anak Sudah Siap Masuk Sekolah

Orang Tua wajib Tau! 7 Tanda Psikologis Anak Sudah Siap Masuk Sekolah

Orang Tua wajib Tau! 7 Tanda Psikologis Anak Sudah Siap Masuk Sekolah -Ilustrasi-Berbagai Sumber

RMONLINE.ID – Memasuki usia sekolah lazimnya menjadi tolok ukur kesiapan anak untuk melangkah ke dunia pendidikan formal. 

Namun, tahukah Anda bahwa usia bukan satu-satunya penentu? Kesiapan psikologis anak jauh lebih penting dalam memastikan kelancaran transisi mereka menuju bangku sekolah.

Lebih dari sekadar kemampuan membaca, menulis, dan berhitung, anak yang siap sekolah menunjukkan kemandirian, kemampuan bersosialisasi, dan pengendalian diri yang baik. 

BACA JUGA:Serupa Tapi Tak Sama! Inilah Perbedaan Otter dan Berang-berang yang Sering Dianggap Sama

BACA JUGA:Yuk Kenali Hewan Satu Ini yang Lucu dan Gemes dengan Tingkahnya, Viral Belakangan Ini

Kemampuan ini menjadi fondasi penting bagi mereka untuk menyerap ilmu pengetahuan dan beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru.

Lantas, bagaimana orang tua dapat mengetahui kesiapan psikologis anak mereka? Berikut 7 tanda yang perlu diperhatikan:

1. Mandiri dan Bertanggung Jawab

Anak yang siap sekolah mampu mengurus kebutuhan pribadinya, seperti memakai baju, makan, dan ke toilet tanpa bantuan orang tua. Mereka juga menunjukkan rasa tanggung jawab terhadap barang-barangnya dan mampu menyelesaikan tugas-tugas sederhana.

2. Mampu Berkomunikasi dengan Jelas

Anak dapat mengungkapkan kebutuhan, perasaan, dan idenya dengan jelas, baik secara lisan maupun tulisan. Mereka juga mampu memahami instruksi sederhana, mengikuti aturan, dan berinteraksi dengan orang lain dengan sopan.

3. Berani Bersosialisasi dan Berteman

Anak yang siap sekolah senang bermain dengan anak lain dan menunjukkan rasa empati terhadap teman-temannya. Mereka mampu menyelesaikan konflik dengan cara yang positif dan menjalin pertemanan yang sehat.

4. Mampu Mengendalikan Diri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: