Harapan Sapuan Maju Pilgub Tipis, 4 Parpol Sudah Tentukan Calon

Harapan Sapuan Maju Pilgub Tipis, 4 Parpol Sudah Tentukan Calon

Harapan Sapuan Maju Pilgub Tipis, 4 Parpol Sudah Tentukan Calon-Istimewa-rmonline.id

RMONLINE.ID - Harapan Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE, MM, Ak, CA, CPA, CFI maju sebagai calon Gubernur tipis, karena beberapa partai politik sudah menetapkan kandidat yang akan diusung.

Diketahui, PAN sudah pasti mengusung Helmi Hasan berpasangan dengan Ir. Mian mantan Bupati Bengkulu Utara. Mian diketahui adalah kades PDI Perjuangan, maka kemungkinan besar PDIP juga mendukung akan berikan mandat kapada Helmi - Mian.

BACA JUGA:Bupati Mukomuko Dianugerahi Tanda Penghargaan Bidang Bangga Kencana

BACA JUGA:Mukomuko Bangun Jalan dan Irigasi Sumber Pembiayaan DAK Fisik 2024

Selanjutnya, Hanura juga sudah memberi mandat kepada calon Petahana yaitu Rohidin Mersyah, yang diketahui adalah Ketua Partai Golkar Provinsi Bengkulu. Hingga dipastikan Hanura berkoalisi dengan Golkar.

Empat parpol calon pengusung Helmi Hasan dan Rohidin ini sudah melebihi separuh dari totak kursi DPRD Mukomuko. Karena diketahui pada pemilu lalu, Golkar dan PAN merupakan Parpol peraih suara terbanyak.

Adapun Parpol yang tersisa belum menentukan calon saat ini, adalah Gerindra yang memiliki 6 kursi, Partai Demokrat 4 kursi, NasDem 4 kursi, PKS 2 kursi, PKB 3 kursi, PPP 1 kursi.

Adapun syarat calon Gubernur Bengkulu minimal harus didukungan oleh Partai politik atau koalisi Parpol minimal memiliki 20 persen kursi di DPRD provinsi.

Artinya jika Sapuan Bupati Mukomuko serius ingin maju sebagai Calon Gubernur Bengkulu maka harus mendapat mandat minimal dari dua hingga 3 partai politik yang tersisa.

Tentu untuk mendapat mandat parpol ini cukup berat, karena harus bersaing dengan nama besar lainnya, diantaranya bos Toyota Bengkulu, Meriani, Wakil Gubernur Bengkulu Rosjonsyah dan ada nama Eva Hartati.

BACA JUGA:Kemenkumham Akan Terima CPNS Lulusan SMA, Ini Syarat dan Penugasannya

BACA JUGA:Mukomuko Sikapi Instruksi Mendagri Soal Penggunaan Dana BTT Bantu KPU-Bawaslu Sukseskan Pilkada 2024

Sebelumnya, Sapuan saat disinggung soal maju Gubernur mengaku belum memutuskan, karena tergantung dukungan dari partai politik nantinya.

"Kita tunggu saja dari partai politik, seperti apa nantinya," kata Sapuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: