Kecerdasan Anak Diturunkan Oleh Ayah atau Ibu? Begini Hasil Risetnya!

Kecerdasan Anak Diturunkan Oleh Ayah atau Ibu? Begini Hasil Risetnya!

Kecerdasan Anak Diturunkan Oleh Ayah atau Ibu? Begini Hasil Risetnya!-Ilustrasi-Berbagai Sumber

RMONLINE.ID - Mungkin kamu pernah bertanya-tanya, sebenarnya kecerdasan anak lebih banyak diturunkan dari ayah atau ibu?

 Pertanyaan ini cukup sering muncul, dan beberapa penelitian telah mencoba menjawabnya. 

Banyak riset menyatakan bahwa kecerdasan seseorang adalah hasil kombinasi antara faktor genetik dan lingkungan. 

Sekitar 50-60% dari variasi kecerdasan bisa dijelaskan oleh genetik, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lingkungan seperti pendidikan, nutrisi, dan kondisi sosial ekonomi.

BACA JUGA:Tes Kejujuran Teman Chat, Ini Cara Pantau Posisi Lewat WhatsApp

BACA JUGA:Belum Mapan Bukan Berarti Tak Bisa Bahagia, Begini Tips Menjalani Hidup Bahagia Meski Belum Mapan

Nah, mengenai apakah kecerdasan lebih banyak diwarisi dari ibu atau ayah, ada penelitian menarik yang menunjukkan bahwa gen kecerdasan cenderung lebih banyak diwarisi dari ibu. Kenapa begitu? 

Hal ini berkaitan dengan kromosom X. Perempuan memiliki dua kromosom X (XX), sementara laki-laki hanya punya satu kromosom X dan satu kromosom Y (XY). 

Karena gen yang mempengaruhi kecerdasan ditemukan di kromosom X, perempuan lebih mungkin menurunkan gen ini ke anak-anak mereka (Genetic Literacy Project).

Namun, jangan salah paham. Bukan berarti gen dari ayah tidak berpengaruh sama sekali. Penelitian juga menunjukkan bahwa gen kecerdasan dari ayah mungkin terdeaktivasi atau tidak berfungsi dengan cara yang sama seperti gen dari ibu. 

Selain itu, kecerdasan adalah sifat poligenik, artinya dipengaruhi oleh banyak gen yang bekerja sama, bukan hanya satu atau dua gen saja.

BACA JUGA:Kenali Warna Aura Manusia, Inilah 7 Jenis Warna Aura Seseorang

BACA JUGA:Kenapa Bintang Laut Bentuknya Bintang?

Selain faktor genetik, hubungan emosional dengan ibu juga berpengaruh besar. Beberapa studi menunjukkan bahwa ikatan yang kuat antara ibu dan anak bisa mendukung perkembangan kecerdasan anak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: