Awas! Inilah 6 Menu Hidangan Hari Raya yang Tidak Boleh Dimakan Oleh Para Penderita Darah Tinggi

Awas! Inilah 6 Menu Hidangan Hari Raya yang Tidak Boleh Dimakan Oleh Para Penderita Darah Tinggi

Awas! Inilah 6 Menu Hidangan Hari Raya yang Tidak Boleh Dimakan Oleh Para Penderita Darah Tinggi-Ilustrasi-Berbagai Sumber

RMONLINE.ID - Lebaran baik itu Idul Fitri dan Idul Adha adalah momen yang ditunggu-tunggu bagi umat Islam. 

Kumpul keluarga, silaturahmi, dan tentu saja, menikmati berbagai hidangan lezat yang menggoda selera. Namun, bagi penderita darah tinggi, ada beberapa makanan yang harus dihindari agar kesehatan tetap terjaga. 

Yuk, simak daftar enam makanan Lebaran yang sebaiknya tidak kamu konsumsi kalau punya masalah darah tinggi.

1. Opor Ayam

Opor ayam menjadi salah satu hidangan favorit saat Lebaran. Kuah santan yang kental dan gurih memang menggoda, tapi sayangnya, kandungan lemak jenuh yang tinggi bisa memicu peningkatan tekanan darah. Selain itu, biasanya opor ayam juga menggunakan banyak garam yang tentunya tidak baik untuk penderita darah tinggi.

BACA JUGA:Sangat Unik, Inilah 10 Ras Kucing Paling Langka di Dunia

BACA JUGA:Simak Yuk, Ternyata Ini Loh Rahasia Kesuksesan Para Introvert

2. Rendang

Siapa yang bisa menolak rendang yang empuk dan berbumbu kaya? Namun, rendang yang dimasak dengan santan kental dan berbagai rempah, termasuk garam, membuatnya jadi makanan yang harus dihindari oleh penderita darah tinggi. Lemak jenuh dan sodium dalam rendang bisa memperburuk kondisi tekanan darah.

3. Sambal Goreng Ati

Sambal goreng ati sering hadir di meja makan saat Lebaran. Sayangnya, hati ayam mengandung kolesterol tinggi, dan sambal goreng biasanya juga dimasak dengan banyak minyak dan garam. Kombinasi ini tidak baik untuk tekanan darahmu.

4. Gulai

Gulai, baik itu gulai kambing atau gulai sapi, juga perlu dihindari. Santan kental dan daging merah yang menjadi bahan utama gulai mengandung lemak jenuh dan kolesterol tinggi. 

BACA JUGA:Ternyata Ini Loh Resep Bumbu Sate yang Lezat dan Cocok untuk Daging Kurban

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: