Bagaimana Tidur Bisa Berdampak Pada Berat Badan?

Bagaimana Tidur Bisa Berdampak Pada Berat Badan?

Bagaimana Tidur Bisa Berdampak Pada Berat Badan?-Ilustrasi -Berbagai Sumber

RMONLINE.ID - Pernahkah kamu menyadari bahwa tidur ternyata memiliki peran yang cukup signifkan dalam menentukan berat badan kamu?

Jadi, tidur itu bukan hanya sekedar untuk menghilangkan capek atau biar kita nggak ngantuk seharian. Tidur juga punya peran besar dalam mengatur berat badan. 

Ada beberapa cara bagaimana tidur bisa mempengaruhi berat badan kita. Pertama-tama, kita perlu tahu bahwa tidur yang cukup dan berkualitas bisa membantu mengatur hormon yang berhubungan dengan rasa lapar dan kenyang.

Ada dua hormon yang sangat berpengaruh dalam hal ini, yaitu ghrelin dan leptin. Ghrelin adalah hormon yang membuat kita merasa lapar, sementara leptin adalah hormon yang membuat kita merasa kenyang. 

BACA JUGA:Resep Kue Karamel Lemon Pandan: Sensasi Rasa Manis Asam yang Memikat

BACA JUGA:Resep Pisang Goreng Krispi Garing dan Renyah Cukup Tambahkan 2 Bahan Dapur Berikut

Saat kita kurang tidur, produksi ghrelin meningkat, sementara produksi leptin menurun. 

Akibatnya, kita jadi lebih mudah merasa lapar dan cenderung makan lebih banyak. Nggak heran kan, kalau sering begadang bikin kita pengen ngemil terus?

Selain itu, kurang tidur juga bisa membuat kita lebih cenderung memilih makanan yang nggak sehat. 

Kurang tidur bisa mempengaruhi bagian otak yang mengatur keinginan dan keputusan kita terhadap makanan. Makanya, saat kita kurang tidur, kita jadi lebih sulit menolak godaan unuk memakan makanan yang tinggi kalori.

Tak hanya itu, tidur juga berhubungan dengan metabolisme tubuh. Metabolisme adalah proses di mana tubuh kita mengubah makanan dan minuman menjadi energi. 

Ketika kita kurang tidur, metabolisme tubuh bisa melambat. Artinya, tubuh kita jadi lebih lambat membakar kalori. 

Ditambah lagi, kurang tidur juga bisa mengganggu sensitivitas insulin, yang bisa meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2.

BACA JUGA:Mengenal Istilah JOMO, Kepribadian yang Berbanding Terbalik dengan FOMO

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: