Mukomuko Kalibrasi Alat Laboratorium Lingkungan, Persiapan Menuju UPT Lab

Mukomuko Kalibrasi Alat Laboratorium Lingkungan, Persiapan Menuju UPT Lab

Mukomuko Kalibrasi Alat Laboratorium Lingkungan, Persiapan Menuju UPT Lab-Istimewa-radarmukomuko.com

MUKOMUKO, RMONLINE.ID – Pemerintah Kabupaten Mukomuko melaksanakan proses kalibrasi alat Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (LH) Mukomuko. 

Kalibrasi peralatan uji mutu limbah padat, limbah cair dan udara yang terdapat pada Laboratorium Dinas LH Mukomuko dibantu oleh 2 orang tenaga kalibrasi dari UPTD Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB) Padang.

‘’Hari ini, kita kedatangan tim penguji dari BPSMB Padang. Tim ini akan untuk melakukan kalibrasi terhadap alat Laboratorium Lingkungan Dinas LH,’’ kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mukomuko, Budiyanto, S.Hut., M.IKom di Mukomuko, Senin, 20 Mei 2024.

BACA JUGA:Jalan Berlumpur Upah Lansir TBS Rp 700 per-Kg, Petani Sawit Tidak Bisa Apa-Apa

BACA JUGA:Pertashop Gulung Tikar Satu-Persatu, Ini Penyebab Pemiliknya Merugi

Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan Sampah, Limbah B3 dan Pengendalian Pencemaran Dinas LH Kabupaten Mukomuko, Ali Mukibin menyampaikan, proses kalibrasi terhadap alat Laboratorium Lingkungan Dinas LH melibatkan BPSMB, setidaknya menyita waktu sekitar 3 hari ke depan. Mengingat ada belasan jenis alat laboratorium yang bakal dilakukan kalibrasi. 

‘’Yang dikalibrasi kali ini khusus alat uji mutu yang ukurannya kecil-kecil dulu. Ada belasan jenis yang bakal diuji. Setidaknya butuh waktu dua hingga tiga hari,’’ ungkapnya. 

Proses kalibrasi terhadap alat laboratorium dinas ini belum mengarah kepada pengaktifan lab. Akan tetapi lebih difokuskan dulu untuk persiapan menuju pembentukan UPT Laboratorium Lingkungan. 

BACA JUGA:TAPD Mukomuko Kerja Ekstra Bedah RKA 45 OPD, Kejar Target Penyusunan RKPD 2025

BACA JUGA:Bupati Mukomuko Minta Bantuan Kementerian Perdagangan Bangun Pasar Rakyat

‘’Setelah ini, masih ada peralatan yang besar-besar yang butuh kalibrasi. Karena sudah lama, dan perlu dikalibrasi untuk menentukan akurasinya. Jadi, kalibrasi kali ini untuk persiapan menuju UPT Lab,’’ ujarnya. 

Tim BPSMB Padang, Finop mengungkapkan, pihaknya turun ke Mukomuko dalam rangka membantu proses kalibrasi alat laboratorium lingkungan yang dimiliki Dinas LH. 

‘’Kalibrasi ini untuk menentukan akurasi peralatan uji mutu yang dimiliki lab. Khusus kita, hanya pada bagian alat yang kecil-kecil, sesuai dengan petunjuk dan arahan dinas,’’ demikian Pinof. * adv

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: