Sekda Termasuk Pemeran Utama BUMDes Berangan Mulya Yang Sedang Diusut Jaksa Mukomuko

Sekda Termasuk Pemeran Utama BUMDes Berangan Mulya Yang Sedang Diusut Jaksa Mukomuko

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mukomuko, Dr. Abdiyanto, SH., M. Si. --

RADARMUKOMUKO.COM - Diketahui sejak beberapa waktu lalu kejaksaan negeri Mukomuko mendalami laporan masyarakat terkait dengan dugaan penyimpangan aset dan penghasilan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Berangan Mulya, Kecamatan Teramang Jaya, Kabupaten Mukomuko.

Menariknya dalam kasus ini, nama Sekretaris Daerah (Sekda), Dr. Abdiyanto,SH,M.Si,CLA menjadi salah satu orang yang berperan utama.

Pasalnya Abdiyanto saat itu menjabat sebagai Direktur dari BUMDes Berangan Mulya yang kini sedang diusut kejaksaan.

Kajari Mukomuko, Rudi Iskandar, SH, MH menerangkan, sebelumnya penyidik telah mendapatkan keterangan dari kepala desa dan perangkat desa serta pengurus BUMDes Berangan Mulya. 

BACA JUGA:Camat Fasilitasi Penyelesaian Persoalan Aktivitas Galian C di Sungai Air Berau Mukomuko

BACA JUGA:Ternyata Poto Ambulance Yang Viral Parkir di Kebun Pulang Dari Isi BBM, Begini Ceritanya

Maka tindaklanjutnya penyidik memanggil mantan Direktur BUMDes Berangan Mulya, Abdiyanto sekarang sekda, untuk dimintai keteranganya.

"Bidang Intelijen Kejaksaan Negeri Mukomuko melaporkan, pemeriksaan terhadap yang bersangkutan belum selesai. Karena meminta waktu," kata Kajari.

Kajari juga memastikan proses terhadap dugaan penyelewengan dana BUMDes ini akan terus diproses hingga semuanya menjadi jelas.

Apapun jawaban dari mantan Direktur BUMDes sekarang Sekda, nantinya akan dikonfrontir lagi dengan perangkat desa terutama kepala desa, perangkat desa dan juga para pengurus BUMDes yang telah kita mintai keterangan lebih dulu.

Ini tidak lain untuk mendalami, apakah ada peristiwa. Karena penyelidikan ini mencari peristiwa pidana korupsi. 

"Bila alat bukti itu nanti sudah ditemukan, penyidik akan menyimpulkan. Tentu perkara tersebut akan dinaikan statusnya dari penyelidikan ke penyidikan,” tegasnya.

Terkait pemeriksaan ini, Sekda belum dapat diminta keterangannya. Namun sebelumnya Sekda sempat menjelaskan terkait BUMDes ini.

Abdianto mengatakan bahwa dirinya sejak 2017, ditunjuk sebagai direktur BUMDes, hingga akhirnya mengundurkan diri dari jabatannya tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: