Kisah Sutan Sjahrir Dengan Istri Belanda, Terpisah dan Kehilangan Rasa Cinta

Kisah Sutan Sjahrir Dengan Istri Belanda, Terpisah dan Kehilangan Rasa Cinta

Kisah Sutan Sjahrir Dengan Istri Belanda, Terpisah dan Kehilangan Rasa Cinta-Ilustrasi-Berbagai Sumber

Mengetahui hubungan kedekatan atau "cinta teralang" Maria dan Sjahrir, Salmon Tas tak sakit hati. Selain karena kehidupan pergerakan di Belanda saat itu sangat bebas, juga karena Tas sudah menjalin hubungan dengan Judith, teman perempuan Maria.

Maria juga seolah-olah membiarkan Tas berhubungan dengan Judith. Sementara Maria Johanna Duchateau juga terlibat cinta dengan Syahrir. 

Dua sejoli ini punya panggilan kesayangan. Sidi untuk Syahrir dan Mieske untuk Maria. 

Saat hubungan Syahrir dengan Maria Johanna Duchateau tengah akrab dan dekat. Tambah lagi Maria dan suaminya Salmon Tas sedang mengalami masa suram pernikahan. 

Melansir dari abad.id, Pada November 1931, Syahrir harus angkat kaki dari Belanda setelah dipecat dari PI. Penyebabnya beberapa mahasiswa anggota PI menganggap syaahrir dan Hatta tidak solidaritas kepada Sukarno yang saat itu sedang mendekaam di penjara sukamiskin. 

Ternyata sepergian Syahrir dari Belanda, Maria dan suaminya Salomon Tas bercerai secara resmi di pengadilan Belanda.

Maria pun bersurat ke Sjahrir, ia menyusul ke Indonesia atau Hindia Belanda. Dia berlayar mengarungi samudera dari Kolombo ke Medan bersama kedua anaknya yang masih kecil-kecil, setelah perceraiannya dengan Salomon Tas.

Rencananya, Maria akan menemui kekasihnya, Sutan Sjahrir, di Medan, Sumatera Utara.

Pada April 1932, pasangan kekasih yang tengah dilanda rasa rindu mendalam itu akhirnya bertemu. Masih pada bulan itu, tanggal 10, Mieske panggilan sayang Sutan Sjahrir kepada Maria –dan Sidi –panggilan sayang Maria kepada Sjahrir—menikah di sebuah masjid di Medan.

Namun, Maria dan Sjahrir hanya bisa mengecap manisnya hidup berumah tangga tak lebih dari 5 minggu. 

Maria yang sehari-hari senang menggunakan kebaya dan kain mengundang perhatian orang Belanda. Apalagi dia yang berkulit putih menikah dengan orang pribumi di masjid.     

Melansir dari theasianparent.com, lima minggu setelah menikah, Maria terpaksa diasingkan ke negara asalnya, Belanda. Hal tersebut merupakan hukuman karena masih dianggap belum resmi bercerai dengan Sal Tas.

Menghabiskan waktu untuk membangun opini publik dan mendidik kader, Sutan Sjahrir beranikan diri untuk terjun dalam pergerakan nasional. 

Namun, aktivitas tersebut menghancurkan dirinya dan terpaksa harus dibuang pemerintah kolonial ke Banda Neira dan Boven Digul.

Setelah diasingkan di Boven Digul, Sjahril semakin sering menuliskan surat untuk Maria. Curahan hati Sjahrir yang rindu akan Maria, tertuang dalam secarik surat panjang yang tersusun dari delapan paragraf di antaranya 5-9 baris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: