Sekolah Kementerian Agama Juga Kebagian Seragam Gratis Pemkab Mukomuko 2024

Sekolah Kementerian Agama Juga Kebagian Seragam Gratis Pemkab Mukomuko 2024

Sekolah Kementerian Agama Juga Kebagian Seragam Gratis Pemkab Mukomuko 2024--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko kembali luncurkan ribuan eksemplar seragam gratis bagi siswa sekolah di tahun 2024.    

Program seragam gratis Pemkab Mukomuko di tahun 2024 ini beda dengan tahun lalu. Bantuan seragam juga akan menyentuh siswa di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag). 

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mukomuko, Dr. Abdiyanto, SH., M. Si menyampaikan, program seragam sekolah gratis sebagaimana yang dituangkan dari salah satu visi misi kepala daerah kembali dilanjutkan. 

Dikatakan Sekda, untuk tahun ke 3 ini, program pengadaan seragam sekolah gratis juga bakal menyentuh siswa sekolah di bawah Kementerian Agama. Ini merupakan target pemerintah daerah dalam mendukung pendidikan di daerah. 

‘’Program ini sudah 3 tahun ini dijalankan dan bahkan tahun ini sudah menyebar ke sekolah di bawah Kementerian Agama,’’ kata Sekda Abdiyanto. 

BACA JUGA:Angkutan CPO dari Mukomuko ke Padang Terkendala Jalan Putus, Pabrik Sawit Tetap Beroperasi

Pemkab Mukomuko melalui program seragam gratisnya, di samping membantu orang tua wali murid dalam meringankan beban pendidikan anaknya, kata Sekda, program ini juga mendukung program pemerintah pusat atas wajib belajar 9 tahun.

Dikatakan Sekda, Bupati dan Wakil Bupati Mukomuko menjadikan program seragam sekolah gratis ini bagian dari visi misi, tujuan utamanya untuk mendukung kemajuan pendidikan di daerah. 

Dengan harapan ke depan tidak ada lagi anak putus sekolah lantaran karena orang tuanya tak dapat beli baju sekolah bagi anak-anak mereka. 

‘’Alhamdulillah, di dua tahun terakhir dan ditambah tahun ke tiga ini, seragam sekolah gratis program Bupati dan Wakil Bupati Mukomuko kembali menyentuh pelajar di daerah,’’ ujarnya. 

BACA JUGA:Cara Berbuka Puasa Yang Dianjurkan Nabi Muhammad SAW Serta Berguna Untuk Tubuh

Informasi sebelumnya dihimpun dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) selaku pengampu kegiatan pengadaan seragam gratis. 

Dapat diketahui di tahun 2023, Pemkab Mukomuko mengalokasikan anggaran untuk program seragam gratis untuk siswa SD dan SMP sekitar Rp2,8 miliar. Namun terjadi peningkatan, di 2024 total usulan anggaran mencapai Rp3,9 miliar. 

Rencana penambahan anggaran untuk program seragam gratis ini dibenarkan oleh Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko, Ramon Hosky, ST. Dikatakan Ramon, sesuai dengan ketersediaan anggaran, tahun ini anggaran seragam sekolah gratis hanya dibagikan untuk siswa SD dan SMP. Sesuai dengan petunjuk atasan, tahun 2024 nanti juga akan menyentuh sekolah Madrasah Iftidaiyah (MI) dan Maddrasha Tsnawiyah (MTs). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: