Rp30 Miliar DBH Sawit Bangun Infrastruktur Jalan di Mukomuko

Rp30 Miliar DBH Sawit Bangun Infrastruktur Jalan di Mukomuko

Rp30 Miliar DBH Sawit Bangun Infrastruktur Jalan di Mukomuko-Ibnu Rusdi-radarmukomuko.com

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Kabupaten Mukomuko Gianto, SH., M. Si mengungkapkan, tahun ini tersedia Dana Bagi Hasil (DBH) sawit sebesar Rp30 miliar untuk pembiayaan pembangunan infrastruktur jalan di wilayah Kabupaten Mukomuko. 

Persediaan anggaran Rp30 miliar DBH sawit tersebut, termasuk jumlah DBH sawit yang diterima Pemkab Mukomuko di tahun 2023 lalu. 

‘’Selain DAK dan DAU, untuk pembangunan infrastruktur jalan, Pemkab Mukomuko juga mendapat kucuran Dana Bagi Hasil sawit. Di tahun 2023 lalu, ada dana DBH sebesar Rp16 miliar dan tahun 2024 ini Rp14 miliar,’’ kata Gianto. 

BACA JUGA:Kapolres Mukomuko Cek Persiapan Pelaksanaan Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara di Tingkat PPK

BACA JUGA:Caleg Hanura Wisnu Hadi Hattrick Suara Perorangan Terbanyak Se-Kabupaten

Sesuai dengan petunjuk teknis dari pemerintah pusat, penggunaan DBH sawit dapat digunakan untuk pembangunan jalan aspal hotmix. 

‘’Kita daerah mengikuti petunjuk pusat. Secara teknis, DBH tidak dapat digunakan untuk kegiatan pengoralan atau pun pengerasan dan lainnya. Akan tetapi untuk pembangunan jalan aspal,’’ kata Gianto.   

Berdasarkan informasi terhimpun dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mukomuko. Dari total Rp30 miliar Dana Bagi Hasil (DBH) sawit yang diterima daerah tahun 2023 dan 2024, Rp11 miliar untuk kegiatan rekonstruksi ruas Jalan Pondok Batu – Selagan Jaya, Kecamatan Kota Mukomuko.

Ruas jalan ini merupakan akses menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah. Sesuai rencana, kegiatan pengaspalan jalan ini dimulai dari persimpangan jalan provinsi di Desa Pondok Batu melintasi Trans Bandep hingga menuju TPA sampah di Desa Selagan Jaya Kota Mukomuko. 

BACA JUGA:Pemkab Mukomuko Siapkan Dana Hibah Daerah untuk Baznas

BACA JUGA:Golkar Hampir Pasti Menangi Pileg di Mukomuko, Dapil 2 dan Dapil 3 Bakal 4 Kursi

Keberuntungan lain dibangunnya ruas jalan ini, akses transportasi masyarakat, terutama untuk mengeluarkan hasil perkebunan Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit di wilayah ini diperkirakan kian lancar. 

Terkait rencana ini disampaikan Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE., MM., Ak., CA., CPA., CPI. Ia mengatakan, tahun ini ia menginginkan akses jalan menuju TPA sampah di Selagan Jaya dapat ditingkatkan. 

‘’Banyak keuntungan bagi masyarakat ketika jalan ini dibangun. Di samping untuk memperlancar angkutan sampah, masyarakat kita yang selama ini kesulitan membawa hasil produksi perkebunan mereka diperkirakan lancar. Di sepanjang ruas jalan ini ada ribuan hektare lahan perkebunan milik masyarakat. Selama ini mereka kesulitan dalam mengeluarkan hasil perkebunannya lantaran kondisi jalan buruk,’’ ungkap Bupati Sapuan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: