Perempuan Harus Tahu, Ini Dia 5 Penyebab Sering Telat Menstruasi Hingga Siklus yang Tidak Lancar

Perempuan Harus Tahu, Ini Dia 5 Penyebab Sering Telat Menstruasi Hingga Siklus yang Tidak Lancar

Perempuan Harus Tahu, Ini Dia 5 Penyebab Sering Telat Menstruasi Hingga Siklus yang Tidak Lancar-Ilustrasi -Berbagai Sumber

RADARMUKOMUKO.COM – Pada umumnya, tiap wanita bisa mengalami siklus menstruasi yang berbeda-beda, bisa lebih pendek ataupun lebih lama. Siklus menstruasi biasanya terjadi 3-7 hari dalam sebulan.

Menstruasi dikatakan lancar apabila terjadi dalam satu bulan sekali sesuai dengan tanggal sebelumnya. Sebaliknya menstruasi bisa dikatakan tidak lancar apabila siklus terjadi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari, dan menstruasi dikatakan tidak lancar juga apabila siklus menstruasi sering berubah-ubah tanggalnya disetiap bulan.

BACA JUGA:Perkuat Keandalan Perangkat Lunak, BRI Kembali Raih ISO/IEC/IEEE 29119

Salah satu penyebab menstruasi yang tidak lancar disebabkan oleh hormon yang belum seimbang, selain itu biasanya menstruasi yang tidak teratur bisa terjadi pada masa pubertas ataupun masa menjelang menopause.

Jika kamu tidak berada pada masa pubertas dan tidak mendekati menopause namun mengalami gejala menstruasi yang tidak teratur itu bisa disebabkan oleh kondisi medis lain, dikutip dari berbagai sumber, ini dia penyebab menstruasi yang tidak lancar atau tidak teratur:

1. Kehamilan

Seperti yang kita ketahui bahwa kehamilan umum biasanya ditandai dengan adanya gejala menstruasi yang terhenti. Bila anda mengalami terlambat menstruasi yang cukup lama tidak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan apakah hamil atau tidak.

2. Pola hidup

Pola hidup yang kurang baik bisa menjadi salah satu penyebab siklus menstruasi yang tidak teratur, contohnya seperti aktivitas yang berlebihan, berat badan berlebih, penurunan berat badan drastis, hingga pola makan yang tidak sehat.

BACA JUGA:Apple Bakal Bikin 2 Prototipe iPhone Lipat, Apakah Jadi Saingan Samsung Galaxy Flip?

Hal-hal tersebut dapat menyebabkan berkurangnya hormon reproduksi yang mengatur siklus menstruasi.

3. Stres

Tahukah kamu bahwa stres yang sangat tinggi bisa mempengaruhi siklus menstruasi, ketika pikiran sedang stres maka tubuh akan melepaskan hormon stres seperti adrenalin dan kortisol yang mempengaruhi hormon seks pemicu gangguan pada siklus menstruasi.

4. Gangguan tiroid

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: