Kabar Terbaru Jalan Mukomuko – Kerinci Sudah Tembus, Melewati Kawasan TNKS

Kabar Terbaru Jalan Mukomuko – Kerinci Sudah Tembus, Melewati Kawasan TNKS

Kabar Terbaru Jalan Mukomuko – Kerinci Sudah Tembus, Melewati Kawasan TNKS -Istimewa-Berbagai Sumber

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Akses jalan Selagan Raya Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu ke daerah Lempur, Kabupaten Kerinci, Jambi sudah tembus. 

Akses jalan penghubung antar kabupaten dari dua provinsi tersebut hanya berjarak sekitar 45 kilometer (Km). Melewati kawasan hutan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). 

‘’Kalau jalan dari Selagan Raya ke Lempur Kerinci, sejak dulu sudah tembus. Melewati jalan setapak,’’ kata Jumadi, warga Selagan Raya, Mukomuko, Minggu, 28 Januari 2024. 

BACA JUGA:Bupati Mukomuko Perintahkan OPD Ambil Langkah Percepatan Program DAK 2024

Mengulas kembali, Jumadi mengatakan, terkait gaung rencana pembukaan jalan baru akses Selagan Raya Kabupaten Mukomuko ke Lempur Kabupaten Kerinci sudah lama didengungkan. 

‘’Hampir setiap masa kampanye pemilihan Gubernur Bengkulu, persoalan jalan Selagan Raya – Kerinci ini selalu dijadikan isu. Faktanya, benar jalan sudah tembus, tapi belum ada campur tangan pemerintah,’’ bebernya. 

Adanya jalan setapak, Selagan Raya Mukomuko tembus ke Lempur Kerinci, berkemungkinan besar dibuka secara manual oleh warga. 

‘’Sampai sekarang masih jalan setapak. Mungkin saja para pencari rotan, kayu dan garu yang tidak secara sengaja meretas hutan itu jadi jalan,’’ kata Jumadi. 

BACA JUGA:Petani Sumringah Sambut Pemilu 2024, Harga Sawit Bertahan Tinggi, Tak Perlu Sumbangan Caleg

Jika akses jalan ini dibangun, diyakini ada pergerakan dari sektor perekonomian masyarakat. Setidaknya dapat mempercepat akses masyarakat ketika ingin berkunjung ke Kabupaten Kerinci, pun sebaliknya. 

‘’Menurut orang – orang yang pernah melewati jalan itu, palingan berjarak 45 kilometer dari Selagan Raya ke Kerinci. Kalau jalan ini benar-benar dibuka, tentunya akan mempermudah akses masyarakat,’’ paparnya. 

Jumadi menyampaikan, ketika jalan ini hanya menjadi senjata isu politik, berkemungkinan besar masyarakat Selagan Raya tak lagi percaya dengan hal itu. 

‘’Bagi warga kami, isu jalan ini terus dipertanyakan. Karena dulunya sering dijadikan senjata politik. Mungkin untuk Pilkada Gubernur pada periode mendatang, isu ini tak layak lagi. Bisa-bisa bikin masyarakat makin tak percaya,’’ bebernya. 

Selaku Pemuda Selagan Raya, Jumadi berharap pemerintah bisa melaksanakan pembangunan jalan tembus Kabupaten Mukomuko ke Kabupaten Kerinci. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: