Waspada! Gejala Seseorang Pernah Luka Batin, Segera Lakukan 5 Hal Ini Untuk Mengatasinya Sebelum Terlambat

Waspada! Gejala Seseorang Pernah Luka Batin, Segera Lakukan 5 Hal Ini Untuk Mengatasinya Sebelum Terlambat

Waspada! Gejala Seseorang Pernah Luka Batin, Segera Lakukan 5 Hal Ini Untuk Mengatasinya Sebelum Terlambat--

RADARMUKOMUKO.COM - Anda mungkin pernah  diantara kita mengalami hal-hal buruk di masa lalu yang membuat Anda merasa sakit, sedih, dan sengsara alias luka batin yang membekas. 

Perasaan-Perasaan ini bisa menjadi luka batin yang terpendam di dalam diri Anda, dan sering kali  mengganggu kesehatan mental dan kualitas hidup Anda.

BACA JUGA:4 Tips Simpel Mengolah Ikan Lele Agar Tidak Bau Amis dan Berlendir, Simak Disini

Jika ya, Luka batin bisa berasal dari berbagai sumber, seperti kekerasan, penolakan, pengkhianatan, kegagalan, tekanan, kehilangan, atau hal-hal lain yang tidak sesuai dengan harapan atau nilai Anda. Luka batin bisa menunjukkan beberapa gejala, seperti:

> Lebih sensitif. Anda akan mudah tersinggung, menangis, atau marah karena perasaan Anda yang terluka.

> Sering muncul perasaan negatif. Anda akan cenderung pesimis, putus asa, khawatir, atau takut akan hal-hal buruk yang akan terjadi lagi.

> Melakukan hal negatif yang orang lain lakukan padanya. Anda bisa menjadi balas dendam, egois, atau tidak peduli dengan orang lain karena merasa tidak dihargai atau dicintai.

> Sulit memaafkan dan mempercayai orang lain. Anda akan kesulitan untuk berdamai dengan masa lalunya dan membuka hatinya untuk orang lain karena takut akan disakiti lagi.

> Tidak peduli pada apapun. Anda bisa menjadi apatis, depresi, atau bahkan berpikir untuk mengakhiri hidupnya karena merasa tidak ada arti atau tujuan hidup.

BACA JUGA:Bukan Hanya Paparan Sinar UV, Inilah Beberapa Faktor Penyebab Kerutan Pada Wajah Tanda Penuaan Dini

Luka batin yang tidak diatasi dengan baik bisa menyebabkan gangguan kesehatan mental, seperti stres, ansietas, depresi, gangguan kepribadian, atau gangguan trauma. Luka batin juga bisa mempengaruhi hubungan sosial, karier, atau prestasi Anda.

Untuk mengatasi luka batin, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

- Mengakui dan menerima perasaan yang ada. 

Anda harus berani menghadapi dan mengungkapkan perasaan Anda, baik dengan menulis, berbicara, atau menangis. Hal ini bisa membantu melepaskan beban emosional dan mengurangi rasa sakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: