Sulit Tidur? Ini Tips Mengatasi Insomnia yang Perlu Dicoba, Cek Disini

Sulit Tidur? Ini Tips Mengatasi Insomnia yang Perlu Dicoba, Cek Disini

Sulit Tidur? Ini Tips Mengatasi Insomnia yang Perlu Dicoba, Cek Disini--

RADARMUKOMUKO.COM – Insomnia merupakan salah satu kondisi dimana penderitanya mengalami gejala sulit tidur atau sama sekali tidak bisa tidur pada malam hari, sebenarnya kondisi ini tidak berbahaya namun jika terjadi terus-menerus maka harus tetap diwaspadai agar tidak mengganggu kesehatan lainnya.

Banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami insomnia seperti stres, depresi hingga gaya hidup yang tidak sehat, selain itu insomnia juga dapat disebabkan oleh beberapa kondisi medis seperti efek samping obat-obatan dan lainnya.

Meskipun tidak berbahaya namun kondisi yang seperti ini cukup mengganggu bagi para penderitanya, pasalnya mereka akan kekurangan waktu tidur dan beristirahat sehingga tenaga lebih cepat terkuras, apalagi jika tidak bisa sama sekali tidur malam, dan besok paginya harus bekerja, bukankah sangat mengganggu aktivitas bukan?

Lalu, bagaimana cara mengatasi insomnia? Dikutip dari berbagai sumber, begini penjelasannya:

1. Lakukan relaksasi

Jika kamu mengalami gangguan sulit tidur tidak ada salahnya untuk mencoba kegiatan relaksasi sebelum tidur agar  mendapatkan ketenangan dan kenyamanan sebelumnya, contohnya seperti melakukan yoga, membaca buku, mendengarkan music dengan irama pelan hingga kegiatan sederhana lainnya.

BACA JUGA:Jangan Takut Makan Pare, Khasiatanya Minta Ampun Bikin Anda Menyesal Tidak Suka Pare Selama Ini

2. Berpikir positif

Salah satu penyebab insomnia adalah terlalu banyak yang dipikirkan atau cemas terhadap sesuatu, untuk menghindari hal tersebut cobalah untuk tetap berpikir positif agar pikiran dapat lebih tenang.

3. Konsumsi makanan sehat

Bagi kalian yang suka makan malam hari hindari makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi dan juga karbohidrat kompleks  karena dapat membuat kerja sistem pencernaan menjadi berat sehingga tubuh sulit beristirahat.

BACA JUGA:Anak Sulit Untuk Fokus? Kenali, Inilah Penyebab-penyebab Anak Sulit Untuk Berkonsentrasi

4. Mandi air hangat

Ketika kamu sedang mengalami kondisi sulit tidur tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu sebentar mandi dengan air hangat 30 menit atau sekitar 1 jam sebelum tidur agar tubuh lebih segar dan enak untuk diistirahatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: