Baru Tau, Selain Berkuda dan Memanah, 2 Olahraga Ini Favorit Nabi Muhammad SAW

Baru Tau, Selain Berkuda dan Memanah, 2 Olahraga Ini Favorit Nabi Muhammad SAW

Baru Tau, Selain Berkuda dan Memanah, 2 Olahraga Ini Favorit Nabi Muhammad SAW--

RADARMUKOMUKO.COM - Banyak orang tahu bahwa Nabi Muhammad SAW gemar melakukan olahraga memanah dan berkuda. 

Namun, tahukah Anda bahwa beliau juga suka lomba lari dan berenang? Dua olahraga ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.

Lomba lari adalah olahraga yang sering dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW bersama para sahabatnya. 

Dalam sebuah hadis riwayat Bukhari yang dilansir dari beberapa sumber, disebutkan bahwa beliau pernah berlomba lari dengan istrinya, Aisyah RA, di padang pasir. 

Dalam lomba tersebut, Aisyah RA berhasil mengalahkan Nabi Muhammad SAW. Namun, beberapa tahun kemudian, Nabi Muhammad SAW membalas kekalahannya dengan mengalahkan Aisyah RA.

BACA JUGA:BRI Bayarkan Dividen Interim Rp12,7 Triliun, Negara Kantongi Rp6,8 Triliun

Lomba lari memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti meningkatkan stamina, membakar kalori, menguatkan otot, menjaga kesehatan jantung, dan mencegah obesitas. 

Selain itu, lomba lari juga bisa meningkatkan semangat, kepercayaan diri, dan kesehatan mental. Menurut sebuah studi, berlari secara rutin dapat menurunkan risiko kanker, diabetes, stroke, dan penyakit jantung.

Berenang adalah olahraga lain yang disukai oleh Nabi Muhammad SAW. 

Dalam sebuah hadis riwayat Muslim, disebutkan bahwa beliau pernah berenang di sungai Tigris bersama Ali bin Abi Thalib RA. Beliau juga menganjurkan umatnya untuk mengajarkan anak-anak mereka berenang, memanah, dan berkuda.

Berenang adalah olahraga yang melatih seluruh tubuh. Manfaat berenang antara lain adalah melancarkan peredaran darah, mengurangi stres, meningkatkan fleksibilitas, mengencangkan otot, dan mencegah penyakit degeneratif. 

BACA JUGA:Holding Ultra Mikro BRI Group Jangkau Jaringan yang Lebih Luas, Dukung Wujudkan Indonesia Emas 2045

Berenang juga bisa membantu mengatasi insomnia, depresi, dan kecemasan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa berenang secara rutin dapat meningkatkan kualitas tidur dan fungsi paru-paru.

Dari dua olahraga favorit Nabi Muhammad SAW ini, kita bisa belajar bahwa beliau adalah sosok yang sehat, bugar, dan aktif. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: