Masih Bingung Mau SMK atau SMA? Inilah Perbedaan Serta Kelebihannya Masing-masing

Masih Bingung Mau SMK atau SMA? Inilah Perbedaan Serta Kelebihannya Masing-masing

Masih Bingung Mau SMK atau SMA? Inilah Perbedaan Serta Kelebihannya Masing-masing --

RADARMUKOMUKO.COM – Di saat lulus Sekolah Menengah Pertama atau SMP seringkali masih bingung dengan pilihan mau lanjut ke SMK atau SMA.

Apakah kamu salah satunya? Jika iyaa, cari tahu terlebih dahulu perbedaan antara SMK dan SMA serta kelebihan baik dari SMK dan SMA.

Setelah itu kamu dapat memutuskan untuk memilih SMK atau SMA sesuai dengan tujuan dan minat kalian.

BACA JUGA:Bakal Tayang di Netflix! Inilah Sinopsis Drakor Terbaru A KILLER PARADOX

Ulasan kali ini akan membahas terkait tentang perbedaan dan kelebihan dari SMA dan SMK.

• Perbedaan

Perbedaan SMK dan SMA dapat di lihat dari pendekatan pendidikan, tujuan serta kurikulum yang di terapkan. Berikut ini penjelasan terkait tentang perbedaan SMK dan SMA.

• Kurikulum

Perbedaan pertama terdapat pada kurikulum yang di terapkan, dimana pada SMA kurikulum yang di gunakan adalah terfokus pada kemampuan teori serta akademis.

Sementara pada SMK terfokus terhadap kemampuan softskil berupa praktik dan pelatihan-pelatihan sesuai dengan kejuruan yang di ambil.

• Mata Pelajaran

Perbedaan kedua adalah terletak pada mata pelajaran yang di berikan. Pada pembelajaran di SMA terfokus pada pembelajaran materi di dalam kelas terkait mata pelajaran umum seperti matematika, fisika, ilmu sejarah, kimia, dan masih banyak lagi.

Sedangkan pada SMK mata pelajaran lebih mengaju kepada praktikum atau penyelesaian proyek untuk meningkatkan keterampilan kepada siswa. Namun di SMK juga mempelajari mata pelajaran umum seperti matematika, sejarah, dan beberapa mata pelajaran lainnya. 

• Tujuan Pendidikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: