Waspada, Ini Tingkatan Penderita Ambeien, Simak Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya

Waspada, Ini Tingkatan Penderita Ambeien, Simak Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya

Jenis tingkatan Ambeien dan cara mengobatinya-Ilustrasi -

1. Ambeien eksternal

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ambeien eksternal terjadi pembengkakan di luar anus. Gejala ambeien jenis ini adalah gatal, adanya benjolan di luar anus, nyeri saat menyentuh benjolan, serta pendarahan saat BAB.

2. Ambeien internal

Ambeien internal terjadinya pembengkakan atau peradangan di dalam anus sehingga mengakibatkan muncul benjolan. Gejala yang dapat ditemukan pada ambeien jenis ini adalah gatal pada anus, nyeri saat mengejan, perdarahan saat BAB. 

BACA JUGA:5 Campuran Jus Buah dan Sayur yang Baik untuk Lansia

Penyebab Ambeien 

Penyebab ambeien dikarenakan adanya tekanan pada anus dan rektum hingga terjadinya pembengkakan atau peradangan pada pembuluh darah di anus. Beberapa hal yang memicu pembengkakan tersebut adalah duduk terlalu lama, sembelit dan diare berkepanjangan.

Selain itu, karena sering mengangkat beban berat, , mengejan terlalu keras, obesitas, seks anal, dan adanya faktor keturunan.

Cara Mencegah Ambeien

Penyakit ambeien dapat di cegah dengan beberapa hal yaitu memperbanyak konsumsi air putih, memperbanyak konsumsi makanan berserat tinggi, dan dapat juga menggunakan suplemen penambah serat

Cara Mengobati Ambeien

Cara mengatasi penyakit ambeien ini beragam caranya ada yang sederhana hingga ada yang harus melalui operasi. Hal ini berdasarkan tingkat keparahan penyakit yang di derita : 

1. Pengobatan mandiri di rumah

Untuk mengatasi penyakit ambien agar tidak semakin parah dapat dilakukan di rumah. Beberapa hal yang dapat dilakukan agar tidak memperparah wasir yang sudah ada yaitu 

Tidak mengejan tertlalu keras saat buang air besar, berendam 20 menit dengan air hangat untuk mengurangi ketegangan otot di anus, idak mengangkat beban berat, menggunakan pakaian longgar, dan hindari makanan pedas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: