Diapit Masjid Agung dan Kantor Bupati, Ini Bagian-Bagian Menarik Rumah Adat Mukomuko

Diapit Masjid Agung dan Kantor Bupati, Ini Bagian-Bagian Menarik Rumah Adat Mukomuko

Diapit Masjid Agung dan Kantor Bupati, Ini Bagian-Bagian Menarik Rumah Adat Mukomuko--

RADARMUKOMUKO.COM - Rumah adat Kabupaten Mukomuko sudah berdiri. Siapapun yang memasuki komplek perkantoran Pemda Mukomuko, akan melewati Rumah adat yang posisinya berada di pinggir jalan berdampingan dengan masjid Agung dan kantor bupati.

Secara posisi, berdirinya rumah adat yang berdekatan dengan Masjid Agung dan Kantor Bupati ini, menggambarkan persatuan kekuatan lengkap tiga elemen penting di tengah masyarakat Kabupaten Mukomuko, yaitu orang syarak, orang adat dan pemerintahan.

Tentu pemilihan lokasi dan bentuk di setiap bagian rumah adat ini sudah melalui perhitungan matang dari elemen-elemen penting tersebut dan memiliki makna atau arti tersendiri.

BACA JUGA:Ini Tragedi Sebelum Pegawai BPBD Mukomuko Ditemukan Meninggal Dunia

Hasil kunjungan langsung media ini, Rumah Adat Mukomuko berupa rumah panggung yang terbuat dari bahan kayu dengan ukuran panjang 16,10 m dan lebar 12 meter. 

Informasinya kayu yang digunakan untuk membangun rumah adat ini berupa kayu jati yang langsung didatangkan dari pulau jawa.

Bentuknya rumah menggambarkan ciri khas dari rumah-rumah masyarakat Kabupaten Mukomuko sejak dulunya, yaitu berupa rumah panggung. 

Sekarang di berbagai desa, rumah panggung masih banyak ditemukan dan ditempati, terutama rumah-rumah tua.

Dilihat dari luar

Pertama kali datang ke rumah adat, pengunjung harus menaiki tiga tingkatan tangga pondasi. Selanjutnya untuk naik ke atas rumah, harus lewat tangga yang memiliki 10 anak tangga. 

BACA JUGA:Bupati Kembali Minta Dana Inpres Ratusan Miliar Untuk 5 Titik Jalan dan 3 Jembatan Ini

Jumlah tangga rumah adat Mukomuko ada empat, yaitu depan, belakang dan samping kiri kanan.

Setelah menaiki tangga pengunjung disambut beranda yang berukuran cukup lebar dan dipagari dinding papan berukir yang mengeliling badan atau ruang utama rumah. 

Untuk masuk ke dalam badan rumah, bisa melewati dua pintu utama, yaitu depan dan belakang. Rumah adat ini memiliki 9 jendela yang jika seluruhnya dibuka akan membuat ruangan di dalamnya terang walau tanpa penerang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: