Tim Kecamatan Turun Keliling Desa, Ini Catatan Realisasi Dana Desa

Tim Kecamatan Turun Keliling Desa, Ini Catatan Realisasi Dana Desa

Tim Kecamatan Turun Keliling Desa, Ini Catatan Realisasi Dana Desa --

RADARMUKOMUKO.COM - Menjelang tutup buku tahun anggaran 2023, Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Kecamatan V Koto turun ke desa-desa

Hasil dari pengecekan lapangan, tidak ditemukan pembangunan fiktif di seluruh desa wilayah V Koto. Sebab seluruh fisik memang direalisasikan. 

Namun tetap ada catatan untuk fisik tersebut, yakni perihal kerapian bangunan. Kemudian saat Monev berlangsung ditemukan beberapa kegiatan fisik  desa belum tuntas.

BACA JUGA:Polhut Mukomuko Patroli Gabungan Cegah Perambahan Hutan di Areal Koridor Gajah Sumatera

JUga perihal kelengkapan Surat Pertanggungjawaban (SPj), mayoritas masih terdapat catatan di kelengkapan. 

Kasi Ekobang V Koto, Edi Anyandi, SE mengatakan, seluruh hasil Monev secara lisan telah disampaikan dalam kegiatan evaluasi.  Namun hasil secara tertulis tetap akan diberikan ke masing-masing desa. 

Sehingga catatan hasil Monev tersebut harus ditindaklanjuti oleh pihak desa. Sebab Monev tidak bersifat temuan, namun lebih ke perbaikan. Sehingga jika terdapat kekurangan dan kesalahan pada desa, bisa memperbaiki. 

“Kalau catatan Monev sudah tentu ada, sebab kita melakukan evaluasi supaya kedepan pihak desa terus lebih baik,”katanya.

BACA JUGA:Pemkab Mukomuko Dukung Keberlangsungan Usaha Penyandang Disabilitas Melalui Bantuan Alat Transportasi

Apalagi jika kedepan ada pemeriksaan dari pihak terkait, seperti inspektorat. Maka desa juga sudah siap. Baik pemeriksaan berkaitan dengan fisik maupun kelengkapan SPj. 

Untuk itu, tindaklanjut hasil Monev memang harus dilakukan oleh pihak desa. Kemudian untuk beberapa desa yang belum menuntaskan fisik, silahkan cepat di tuntaskan. 

Supaya seluruh anggaran terserap secara maksimal dan tidak menjadi Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA). 

“Namun kita pertegas ke desa agar catatan yang disampaikan tim Monev langsung ditindaklanjuti,”tambahnya.

Lanjutnya, bukan hanya realisasi kegiatan fisik harus dituntaskan. Program kegiatan lain yang berasal dari DD seperti pelatihan, pemberdayaan dan lainnya juga harus tuntas pada Desember ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: