Cepat, 148 Desa Sudah Tuntaskan Realisasi Dana Desa, 2024 Aggaran Bertambah

Cepat, 148 Desa Sudah Tuntaskan Realisasi Dana Desa, 2024 Aggaran Bertambah

Cepat, 148 Desa Sudah Tuntaskan Realisasi Dana Desa, 2024 Aggaran Bertambah--

RADARMUKOMUKO.COM - Realisasi dana desa (DD) oleh 148 Desa di Kabupaten Mukomuko berjalan cukup cepat dibandingkan tahun sebelumnya, akhir november kemarin semua sudah selesai.

Adapun besaran dana desa yang diterima 148 desa pada tahun ini sekitar Rp 117 miliar. Kabar baiknya lagi tahun depan, dana desa ada penambahan.

Kepala Dinas PMD Mukomuko, Jodi,S.Pd dihubungi menjelaskan untuk dana desa 2023 sudah clear, semua sudah cair dan terealisasi dengan baik oleh desa sesuai dengan programnya. 

BACA JUGA:Mukomuko Bingkai HUT ke 24 DWP dengan Lomba Membatik, Sekaligus Perayaan Hari Ibu Sedunia 2023

Sekarang pihaknya mulai fokus untuk mengarahkan pemerintah desa mematangkan persiapan 2024 nanti. Tahun ini sudah cepat, tahun depan diupayakan bisa lebih cepat lagi dan semakin baik.

"Secara keseluruhan untuk dana desa sudah selesai, tidak ada persoalan lagi. Proses cukup cepat sesuai dengan intruksi bupati. Maka kita sekarang lebih menekankan kepada desa untuk persiapan pelaksanaan program tahun depan," kata Jodi.

Salah satu catatan yang harus diperhatikan pemerintah desa tahyn depan adalah terkait dengan  menerima  Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD). 

Pada pemerintah desa ditekankan untuk pengakuran atau mendata ulang warga miskin yang layak menerima. Alasannya, masih ada kabar atau laporan penyaluran BLT yang tidak tepat sasaran.

BACA JUGA:Pasca Kemarau, Sumur Warga di Mukomuko Masih Kering, Andalkan Sumur Bor Pemerintah

Di mana ada warga yang terbilang mapan, tapi namanya masih masuk dalam daftar penerima BLT.

Jangan ada lagi dugaan pemerintah desa di daerah ini memberikan bantuan dana desa karena ada faktor keluarga, tetangga, orang dekat, maupun alasan lain yang tidak sesuai aturan.

"Data penerima harus sesuai, warga yang layak diutamakan, jangan ada kesan karena hubungan dekat," tegasnya.

Lanjutnya, untuk tahun depan dana desa masih sama, ada penambahan sekitar Rp 3 miliar. Maka semua pemerintah desa diminta cepat menyelesaikan pelaporan dan kemudian mematangkan persiapan program tahun depan. 

2024 akan diupayakan realisasi anggaran di desa bisa lebih baik lagi, sehingga setiap tahun ada peningkatan. Terhadap hasil evaluasi, mana kelemahan yang menjadi catatan, harus dibenahi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: