Dipimpin Bupati Sapuan, Mukomuko Beruntun Raih DAK Bidang Kesehatan Terbesar

Dipimpin Bupati Sapuan, Mukomuko Beruntun Raih DAK Bidang Kesehatan Terbesar

Sapuan - Wasri--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Mukomuko, Sapuan – Wasri teruji mampu menjemput dana pusat untuk memacu pembangunan daerah. 

Salah satu bukti nyata, untuk anggaran kegiatan pelayanan dasar masyarakat. Kabupaten Mukomuko tercatat secara beruntun meraih Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik Bidang Kesehatan terbesar dari kabupaten kota se Provinsi Bengkulu. 

BACA JUGA:Kodim 0428/MM Sumbang Puluhan Kantong Darah di Giat Hari Juang TNI-AD ke 78 Tahun 2023

Di tahun 2023, Kabupaten Mukomuko tercatat memperoleh DAK fisik Bidang Kesehatan sebesar Rp 66,3 miliar. Di tahun 2024 mendatang, kembali memperoleh anggaran DAK fisik Bidang Kesehatan sebesar Rp42,5 miliar. 

‘’Faktanya demikian, di tahun 2023 ini kita Kabupaten Mukomuko masih diposisi terbesar untuk DAK fisik Bidang Kesehatan. Tahun 2024 nanti, juga demikian. Untuk kabupaten kota se Provinsi Bengkulu, kita masih diposisi pagu dana terbesar,’’ kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mukomuko, Bustam Bustomo, SKM pada Selasa, 12 Desember 2024. 

Perluasan dan peningkatan pelayanan dasar, terkhusus bidang kesehatan merupakan salah satu upaya strategi dalam upaya peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

BACA JUGA:Wakil Bupati Mukomuko Hadiri Acara Penyerahan Penghargaan SAKIP, RB dan ZI 2023

Di Kabupaten Mukomuko, untuk mendapatkan anggaran pembangunan tersebut Bupati beserta jajarannya terus berjuang, menggali potensi, mencari celah penganggaran di tingkat pusat. 

‘’Ini bukti keseriusan pak Bupati, beliau berjuang ke pusat untuk mendapatkan peluang penganggaran. Patut kita bersyukur, untuk tahun ini dan tahun 2024 kita masih diposisi keberuntungan. Pusat masih berkenan untuk mengucurkan anggaran ke darah,’’ imbuhnya. 

Bupati Sapuan sebelumnya, menyampaikan bahwa perjuangan pengusulan anggaran untuk pembangunan daerah tak lepas dari kebersamaan. Diakuinya, dirinya tak bisa bekerja sendiri untuk mendapatkan anggaran di tingkat pusat. 

BACA JUGA:Rp19 Miliar untuk Pembangunan Food Estate di Mukomuko, Bupati Sapuan: Untuk Kesejahteraan Petani

‘’Bayangkan lebih dari lima ratusan pemerintah daerah, semuanya berjuang ke pusat untuk mendapat anggaran. Dan kita ada sedikit kemudahan, dan masih diberi peluang untuk mendapatkan anggaran tersebut oleh pemerintah pusat. Tidak hanya bidang kesehatan, kita juga bergerak di sektor lainnya,’’ kata Bupati Sapuan. 

Di samping itu, Bupati Sapuan mengakui kekuatan terbesar dalam memperjuangkan anggaran di tingkat pusat ini tak lepas dari doa masyarakat Kabupaten Mukomuko. 

‘’Kemudahan ini, ada terselip harapan dan do’a alim ulama, dan masyarakat kita di Kabupaten Mukomuko,’’ ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: