5 Letusan Gunung Merapi Paling Mematikan dan Dahsyat di Indonesia

5 Letusan Gunung Merapi Paling Mematikan dan Dahsyat di Indonesia

5 Letusan Gunung Merapi Paling Mematikan dan Dahsyat di Indonesia-Ilustrasi-

RADARMUKOMUKO.COM - Indonesia memiliki lebih dari 1 gunung merapi aktif yang dapat memuntahkan isinya kapan saja. Kejadian gunung merapi meletus di Indonesia sudah sangat sering, bahkan hampir setiap tahun ada beberapa gunung yang mengalami erupsi.

Terbaru dihebohkan oleh letusan gunung merapi sumatera barat (Sumbar) yang menewaskan lebih dari 20 orang pendaki. Juga anak gunung karakatau juga dikabarkan

BACA JUGA:Pencarian Dihentikan, Ini Korban Selamat dan Meninggal Letusan Gunung Merapi Sumbar

Jauh sebelumnya Indonesia pernah mengalami bencana letusan gunung merapi yang paling dahsyat dan mematikan, tidak sedikit korban jiwa yang jatuh.

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut letusan gunung merapi terkait di Indonesia:

Letusan Gunung Tambora

Bencana letusan Gunung Tambora di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat terjadi tahun 1815. Dikatakan ini merupakan  letusan paling dahsyat dalam sejarah manusia. Banyak korban jiwa, sekitar 71.000 orang.

Dampaknya hingga ke beberapa negara, kolom debu vulkanik yang terlempar ke atmosfer mengakibatkan penurunan suhu global pada tahun 1816.

Gunung Krakatau

Gunung Krakatau terletak di Selat Sunda antara Sumatera dan Jawa, pernah meletus pada tahun 1883 dan menjadi salah satu letusan terbesar yang pernah tercatat. Letusannya menyebabkan gelombang tsunami setinggi 30 meter yang menghancurkan pulau-pulau sekitarnya.

BACA JUGA:4 Tingkatan Status Peringatan Gunung Merapi Yang Perlu Diketahui dan Begini Penjelasannya

Terdapat koran jiwa sekitar 36.000 orang. Suara letusan gunung itu juga terdengar hingga sejauh 5.000 kilometer.

Gunung Merapi

Gunung Mrapi di perbatasan provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta meletus beberapa kali dalam sejarahnya, dengan letusan terdahsyat terjadi pada tahun 1930.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: