Apakah Terapi Lebah Bisa Menyembuhkan Penyakit?

Apakah Terapi Lebah Bisa Menyembuhkan Penyakit?

Apakah Terapi Lebah Bisa Menyembuhkan Penyakit?--

RADARMUKOMUKO.COM - Terapi lebah atau bee venom therapy (BVT) adalah metode pengobatan alternatif yang menggunakan racun dari sengatan lebah untuk mengobati berbagai penyakit. Terapi ini sudah dipraktikkan sejak ribuan tahun yang lalu oleh orang-orang Mesir, China, dan Yunani. Terapi ini didasarkan pada keyakinan bahwa racun lebah mengandung zat kimia yang memiliki efek antiperadangan, antibakteri, dan analgesik.

Terapi lebah bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan menempelkan langsung sengat lebah ke kulit manusia, atau dengan menyuntikkan ekstrak racun lebah ke bagian tubuh yang akan diobati. 

BACA JUGA:Harus Alami Cuci Darah Seumur Hidup, Bisakah Penderita Gagal Ginjal Sembuh?

Terapi ini biasanya dilakukan oleh ahli terapi lebah yang terlatih dan bersertifikat, atau oleh dokter yang memiliki pengetahuan tentang terapi ini.

Terapi lebah dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit, seperti alergi, rheumatoid arthritis, lupus, penyakit saraf, nyeri punggung, dan kanker. 

Namun, apakah terapi lebah benar-benar efektif dan aman untuk menyembuhkan penyakit? Berikut ini adalah ulasan berdasarkan hasil penelitian dan pendapat para ahli.

Manfaat Terapi Lebah

Beberapa penelitian telah mengkaji manfaat terapi lebah untuk mengobati berbagai penyakit, di antaranya:

- Alergi.

Terapi lebah diduga efektif membantu mengurangi reaksi kekebalan tubuh penderita alergi, salah satunya adalah alergi sengatan lebah. Lebih jauh lagi, terapi alternatif ini dipercaya dapat mengurangi reaksi peradangan pada penderita asma. Meski demikian, sejauh ini belum ada bukti klinis yang kuat untuk mendukung manfaat terapi lebah sebagai pengobatan alergi secara umum.

- Rheumatoid arthritis.

Penelitian menemukan bahwa terapi lebah dapat mengurangi bengkak, nyeri, dan kaku sendi pada penderita rheumatoid arthritis. Selain itu, menurut penelitian lain, pemberian obat-obatan untuk menangani gejala rheumatoid arthritis ditambah terapi lebah juga terlihat mampu mencegah kekambuhan penyakit ini.

BACA JUGA:Inilah Besaran Biaya Cuci Darah Bagi Penderita Gagal Ginjal dan Efek Sampingnya

- Lupus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: