Ciri-Ciri Orang yang Paru-Paru Mulai Bermasalah

Ciri-Ciri Orang yang Paru-Paru Mulai Bermasalah

Ciri-Ciri Orang yang Paru-Paru Mulai Bermasalah-Ilustrasi-

RADARMUKOMUKO.COM - Paru-paru adalah organ vital yang berperan dalam proses pernapasan, yaitu menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari dalam tubuh. 

Paru-paru juga berfungsi sebagai pertahanan tubuh dari infeksi dengan membunuh bakteri atau virus yang masuk bersama udara. Namun, paru-paru bisa mengalami berbagai masalah yang bisa mengganggu kesehatan dan kenyamanan. Apa saja ciri-ciri orang yang paru-paru mulai bermasalah? Simak ulasan berikut ini.

Menurut berbagai sumber, ada beberapa ciri-ciri orang yang paru-paru mulai bermasalah, seperti:

- Sesak napas. 

Sesak napas adalah kondisi di mana seseorang merasa sulit bernapas atau kekurangan udara. Sesak napas bisa terjadi karena adanya penyempitan, sumbatan, atau peradangan pada saluran napas, sehingga mengurangi aliran udara dari dan ke paru-paru. Akibatnya, oksigen yang dibawa darah ke seluruh tubuh menjadi berkurang. Sesak napas bisa menjadi gejala dari berbagai penyakit paru, seperti asma, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), pneumonia, atau kanker paru.

BACA JUGA:Jangan Diabaikan! Ini Dia Alarm dari Lambungmu yang Harus Kamu Dengar

- Batuk. 

Batuk adalah refleks tubuh untuk membersihkan saluran napas dari lendir, debu, atau benda asing. Batuk yang terjadi sesekali adalah hal yang normal, tetapi jika batuk terjadi terus-menerus, berkepanjangan, atau disertai dengan dahak, darah, atau demam, bisa menandakan adanya masalah pada paru-paru. Batuk bisa disebabkan oleh infeksi, iritasi, alergi, atau tumor pada paru-paru. Beberapa penyakit paru yang bisa menyebabkan batuk adalah tuberkulosis, bronkitis, asma, atau kanker paru.

- Nyeri dada. 

Nyeri dada adalah rasa sakit atau tidak nyaman yang terasa di bagian dada, terutama saat bernapas, batuk, atau bergerak. Nyeri dada bisa terjadi karena adanya peradangan, infeksi, cedera, atau tumor pada paru-paru. Nyeri dada juga bisa menyebar ke punggung, bahu, leher, atau lengan. Beberapa penyakit paru yang bisa menyebabkan nyeri dada adalah pneumonia, pleuritis, emboli paru, atau kanker paru.

- Mengi. 

Mengi adalah bunyi bernada tinggi yang terdengar saat bernapas, terutama saat menghela napas. Mengi bisa terjadi karena adanya penyempitan atau kejang pada saluran napas, sehingga mengganggu aliran udara dari dan ke paru-paru. Mengi bisa menjadi tanda dari penyakit paru yang menyebabkan peradangan atau penyempitan saluran napas, seperti asma, PPOK, bronkitis, atau alergi.

BACA JUGA:Bagaimana Kondisi Pendonor Ginjal? Apa Saja Risikonya dan Apakah Bisa Hidup Normal? Simak Penjelasannya

- Bibir atau kulit membiru. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: