Penduduk Asli 10 Kabupaten dan Kota di Bengkulu Ternyata 6 Suku Ini

Penduduk Asli 10 Kabupaten dan Kota di Bengkulu Ternyata 6 Suku Ini

Penduduk Asli 10 Kabupaten dan Kota di Bengkulu Ternyata 6 Suku Ini -Dok-Berbagai Sumber

RADARMUKOMUKO.COMProvinsi Bengkulu memiliki 9 kabupaten dan satu Kota Provinsi. Walau masih dalam satu daerah, penduduk Bengkulu terdiri dari berbagai etnis atau suku asli.

Suku-suku ini sejak dulu mendiami beberapa wilayah dan menjadi kerajaan kecil. Menariknya suku-suku ini berasal dari beberapa etnis yang ada di luar Provinsi Bengkulu, seperti Minang Kabau Sumatera Barat, Palembang Sumatera Selatan dan Lampung.

BACA JUGA:Pemkab Mukomuko Aktifkan Laboratorium, Wujudkan Kenyamanan Bisnis Dunia Usaha dan Jaga Lingkungan

Berikut 6 suku Asli Bnegkulu dan sejarah singkatnya, dilansir dari berbagai sumber:

1. Suku Rejang 

Suku Rejang merupakan salah satu suku asli yang mendiami beberapa daerah di Provinsi Bengkulu. Kelompok Suku Rejang banyak mendiami kawasan Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu Tengah, Kabupaten Kapahiang, Bengkulu Tengah, Bengkulu Utara, dan Kabupaten Lebong. 

Suku Rejang juga dianggap sebagai suku tertua di antara suku-suku lainnya yang ada di Provinsi Bengkulu. Mereka juga memiliki kebudayaan dan bahasa sendiri. Suku ini menggunakan aksara ulu sebagai huruf tulisnya. 

Munculnya Suku Rejang diyakini bermula dari kedatangan Rhe Jang Hiang yang berasal dari Mongolia ke Bengkulu sebelum Masehi. 

Rhe Jang Hiang yang membawa rombongan tersebut kemudian mendirikan permukiman yang terletak di Napal Putih, Bengkulu Utara. 

Kemudian, populasi suku ini bertambah dan semakin banyak dan mendirikan permukiman-permukiman baru di Bengkulu.

2. Suku Serawai

Selain Suku Rejang, suku asli yang juga turut mendiami Provinsi Bengkulu adalah Suku Serawai. 

BACA JUGA:Pria Agak Tua di Bengkulu Ditemukan Meninggal di Panti Pijat Plus-Plus Tarif Rp 150 Ribu

Suku Serawai juga akrab disebut sebagai bagian dari Suku Besemah, Pagar Alam, Sumatera Selatan. Alasannya, suku ini merupakan kelompok sosial yang mendiami di kawasan alur Bukit Barisan sebagaimana umumnya Suku Besemah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: