Masyarakat Banjar Sari Mukomuko Sukses Budidaya Buah Melon, Rasanya Lebih Manis

Masyarakat Banjar Sari Mukomuko Sukses Budidaya Buah Melon, Rasanya Lebih Manis

Masyarakat Banjar Sari Mukomuko Sukseskan Budidayakan Buah Melon, Rasanya Lebih Manis--

RADARMUKOMUKO.COM - Ketekunan para petani Desa Banjar Sari Kecamatan Sunga Rumbai, Mukomuko mulai membuahkan hasil yang manis.  Ditargetkan Desa ini bakal menjadi penghasil buah melon termanis di wilayah Kabupaten Mukomuko, Bengkulu. 

Pemerintah Desa (Pemdes) Banjar Sari mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko, dalam hal ini Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko dalam mendukung masyarakat mandisi budidaya melon.

Tahun depan jika tidak ada halangan Desa Bajar Sari bakal mendapat bagian dari kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 473 Juta untuk pembuatan Screen House atau rumah budidaya melon.

BACA JUGA:Seragam Sekolah Gratis Program Pemkab Mukomuko Berlanjut, 2024 Meluas ke Sekolah di Bawah Kementerian Agama 

Wacana ini menjadi peluang besar bagi Banjar Sari, untuk jadi desa penghasil buah melon termanis di Kabupaten Mukomuko.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian Mukomuko, Epin Masyuardi, SP saat launching green house kebun melon di Desa Banjar Sari tempo hari menyebut, pihaknya dari Dinas Pertanian sangat mensupport dan mendukung budidaya melon di Desa Banjar Sari ini. 

Sekarang Desa Banjar Sari sudah memiliki potensi untuk pengembangan dan budidaya buah sejenis timun-timun ini. Karena kelompok pribadi yang mengelola kebun melon selama ini, sudah menghasilkan buah melon yang berkualitas super.

"Kita dari Dinas Pertanian sangat mengapresiasi dan mendukung potensi yang ada ini. Kedepan kita berupaya bagaimana Desa Banjar Sari ini mendapat dukungan anggaran untuk pembuatan screen house kebun melon. Kalau tidak ada halangan tahun depan ada kucuran DAK sebesar Rp 1,3 Miliar. Desa Banjar Sari akan mendapat bagian dari dana tersebut," kata Epin dikutib dari radarmukomuko.bacakoran.co.

BACA JUGA:DI Manjuto Jebol, Pemerintah Bangun Siring Darurat Selamatkan Ratusan Hektare Sawah Petani Mukomuko

Sementara Kepala Desa (Kades) Banjar Sari, Muh Sopyan dihubungi mengatakan, memang tahun depan Desa Banjar Sari diwacanakan mendapat kucuran DAK sebesar Rp 473 Juta untuk pembuatan Screen House melon.

Namun, desa Banjar Sari diminta menyiapkan lahan seluas 15X20 meter. Menurutnya, terakit dengan masalah kesiapan lahan ini tidak ada masalah. Lahannya sudah disiapkan dan sekarang tinggal menunggu dananya. 

"Ya, kita direncanakan dapat DAK sebesar Rp 473 Juta untuk screen house melon. Kita sangat berharap dengan bantuan anggaran tersebut. Kalau masala lahan tidak ada masalah. Sekarang lahan yang diminta sudah siap," kata Muh Sopyan.

Lanjutnya, kalau DAK itu memang jadi ngalir ke Desa Banjar Sari tahun depan. Pengelolaan screen house melon itu akan diserahkan kepada kelompok tani. 

BACA JUGA:Hari Guru Nasional 2023, Bupati Mukomuko Titip Pesan Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: