Perbedaan Buah Yang Masak Alami dan Masak Hasil Karbitan

Perbedaan Buah Yang Masak Alami dan Masak Hasil Karbitan

Perbedaan Buah Yang Masak Alami dan Masak Hasil Karbitan--

RADARMUKOMUKO.COM - Menggunakan karbit untuk mematangkan buah sudah biasa dilakukan oleh banyak orang. Diantara buah yang sering dikarbut agar cepat masak, seperti pisang, alpukat, nanas, durian, jambu biji dan sebagainya.

Buah yang dikarbit walau sudah berubah warna seperti matang, sebetulnya belum matang sempurna. Sudah pasti rasa manisnya akan sangat berbeda dengan buah yang masak secara alami.

Selain itu di segi gizi dan manfa'atnya tentu buah masak alami jauh lebih baik ketimbang dengan buah yang melalui proses karbitan. 

BACA JUGA:Ada Keraguan di Sidang Perkara Gugatan PT DDP Terhadap Petani Mukomuko, Ini Penjelasannya

Dan harus dipahami, zat kimia di dalam buah karbitan yaitu kalsium karbida. Pada kondisi tertentu, kalau karbitnya terlalu lama, maka kalsium itu akan itu akan masuk ke buah itu, masuk kedalam daging buah, otomatis bahasa untuk kesehatan saat dikosumsi.

Maka sebelum membeli buah harus tahu membedakan buah yang matang alami dan matang lewat proses karbitan. 

- Daging buah masak dikarbit sering tidak lembut merata dan ada bagian yang membatu. Beda dengan masak alami, biasanya rasa dan teksturnya merata.

- Buah yang dikarbit lebih cepat busuk atau rusak, minimal warnanya cepat pudar. beda dengan buah masak alami, cerahnya lama dan kadang walau kulit mulai busuk, isinya masih bagus

- Warna masak buah tidak sempurna dan terlihat sedikit pucat. Beda dengan buah masak alami bentuknya lebih cerah atau berminyak

BACA JUGA:Mudah Dibuat, Ini Resep Kolak Pisang Sederhana yang Segar, Enak dan Manis

- Rasa buah yang dikarbit hambar dan tidak manis sempurna dan tidak segar. Berbeda dengan masak alami maisnya sempurna dan tidak sepat

- Aroma buah yang masak kerbutan tidak sekuat aroma buah masak alami. Maka sebelum membeli coba cium aroba buah tersebut lebih dulu.

- Gagang atau tapuk buah hasil karbitan tampak hitam dan pucat, beda dengan bagian tapuk buah yang masa alami. Maka bisa periksa tapuk atau gagannya lebih dulu.

BACA JUGA:3 Manfaat Olahraga Plank, Gerakan Sederhana yang Dapat Meningkatkan Suasana Hati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: