Bagus Mana Telur Ayam, Telur Bebek dan Telur Puyuh, Ini Bedanya

Bagus Mana Telur Ayam, Telur Bebek dan Telur Puyuh, Ini Bedanya

Bagus Mana Telur Ayam, Telur Bebek dan Telur Puyuh, Ini Bedanya--

RADARMUKOMUKO.COM - Selain telur ayam, ada telur bebek dan telur puyuh yang juga banyak digemari. Walau sama-sama telur, ketiganya berbeda jauh, mulai dari beda induk, beda warna dan bahkan beda rasa. Dari tiga jenis telur ini, seperti apa perbandingannya dan mana yang lebih baik.

Yang pasti telur ayam, telur bebek dan telur puyuh memiliki kandungan masing-masing dan bahkan gizi yang berbeda. Cara dan pemakaian dalam memasaknya juga memiliki perbedaan. 

BACA JUGA:Ada Keraguan di Sidang Perkara Gugatan PT DDP Terhadap Petani Mukomuko, Ini Penjelasannya

Namun kata kuncinya, ketiga telur ini baik, di mana telur ayam memiliki nutrisi menunjang tumbuh kembang anak atau bayi. Sedangkan telur bebek, baik dijadikan menu penambah berat badan anak apalagi untuk anak-anak yang berat badannya berada di bawah garis normal.

Sementara telur puyuh, cocok menunjang tumbuh kembang bayi yang lahir prematur dan mencegah alergi yang mungkin terjadi pada anak.

Merujuk dari berbagai sumber, berikut perbandingan telur ayam, telur itik dan telur puyuh:

Telur puyuh

Terus bagaimana dengan telur puyuh. Dari berbagai pendapat sumber, walau ukuran kecil, telur puyuh juga kaya nutrisi. Dalam 100 gram telur puyuh atau kurang lebih 9–10 butir, nutrisi berupa Kalori: 158 kalori, lemak: 7 g, protein: 13 g, sodium 141 miligram, kalsium 65 miligram dan kalium 11 miligram.

BACA JUGA:7 Kecamatan di Mukomuko Yang Diprediksi Hujan, Juga Wilayah Lain di Bengkulu

Telur puyuh juga kaya akan antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas, memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, dan dipercaya mampu mengatasi gejala alergi. 

Dikatakan juga 5 butir mengandung 6 gram protein dan 71 kalori. Maka memakan satu porsi telur puyuh, mendapatkan asupan protein yang sama dengan sebutir telur ayam. Setiap 5 butir alias seporsi telur puyuh mengandung 5 gram lemak total, yang terdiri dari 1,6 gram lemak jenuh. 

Bahkan, kandungan protein telur puyuh yang mencapai 13,1 persen lebih tinggi dari pada kandungan protein telur ayam ras yang hanya 12,7 persen dalam setiap butirnya. Telur puyuh juga mengandung lemak 11,1 persen dan karbohidrat 1 persen.

Telur ayam

Untuk telur ayam, ada dua pilihan, yaitu telur ayam ras dan telur ayam kampung. Untuk harga telur ayam ras lebih murah. Telur ayam ras adalah jenis telur paling mudah ditemui. Telur ayam ras salah satu sumber protein hewani. Dikatakan kandungan protein dalam telur ayam ras 12,7 persen. Selain itu, kandungan lemaknya 11,3 persen dan karbohidratnya 0,9 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: