Kenapa Daun Berubah Warna Menjadi Jingga Saat Musim Gugur?

Kenapa Daun Berubah Warna Menjadi Jingga Saat Musim Gugur?

Kenapa Daun Berubah Warna Menjadi Jingga Saat Musim Gugur?--

BACA JUGA:Sederhana Tapi Bikin Boros Nasi, Resep Tumis Kangkung Terasi Ini Tak Pernah Bikin Bosan

Seorang ahli arborikultur di Universitas Massacusetts Amherst, Kristina Bezanson, mengatakan bahwa warna merah dan ungu berasal dari pigmen sekunder yang disebut antosianin.

Sedangkan karotenoid dan canthophyll masing-masing hasilkan warna oranye dan kuning.

Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi beberapa pohon seperti maple. Pohon tersebut memiliki jenis nya tersendiri yang membuat daunnya berwarna hijau akan berubah menjadi merah cerah di musim gugur.

Selain itu, pengaruh perubahan warna pada daun di pohon saat musim gugur juga dipengaruhi oleh pigmen dan lingkungan, serta faktor genetika 

Hal ini dibuktikan pada sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti yang menemukan bahwa terdapat puluhan 1000 gen yang memiliki gambaran berbeda selama perubahan musim.

Contohnya saja pada kayu asam, mereka akan berubah warna pada akhir musim panas. Selain itu, ada juga pohon yang menggugurkan daunnya setelah pohon itu gundul.

Kemudian, para peneliti juga mencatat bahwa spesies yang hidup pada garis lintang yang sama akan berubah warna pada saat yang bersamaan pula meskipun berada di ketinggian serta tempat yang berbeda.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa daun pada pohon-pohon berubah warna saat musim gugur.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: