Bagaimana Cara Mengenali Rizki yang Berkah atau Tidak Berkah Menurut Islam?

Bagaimana Cara Mengenali Rizki yang Berkah atau Tidak Berkah Menurut Islam?

Bagaimana Cara Mengenali Rizki yang Berkah atau Tidak Berkah Menurut Islam?--

RADARMUKOMUKO.COM - Rizki adalah istilah yang sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Rizki adalah segala sesuatu yang bermanfaat, berdaya guna, dan dapat dimanfaatkan oleh manusia sebagai sumber kehidupan. 

Rizki juga adalah anugerah, karunia, atau pemberian dari Allah SWT untuk makhluk-Nya.

Rizki dalam Islam tidak terbatas pada uang dan harta, tetapi juga mencakup berbagai aspek kehidupan manusia, baik yang bersifat lahir maupun batin. 

BACA JUGA:Dibalik Nuansanya yang Menegangkan, Inilah Keunikan Bangunan Palestina yang Bernuasa Islami

BACA JUGA:Dapat Rezki Mesti Besyukur, Menurut Ulama Ada 4 Rukun Syukur Yang Harus Dipenuhi Menurut Islam

Misalnya, waktu, kesehatan, kesempatan, ilmu, kecerdasan, kebahagiaan, ketenangan, keimanan, dan lain-lain. Semua itu adalah rizki yang Allah berikan kepada manusia, baik yang mereka sadari maupun tidak.

Allah SWT berfirman:

وَإِنْ تَعُدُّوا نِعْمَةَ اللَّهِ لَا تُحْصُوهَا

"Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak akan dapat menentukan jumlahnya." (QS. Ibrahim [14]: 34)

Ayat ini menunjukkan bahwa semua nikmat yang kita rasakan adalah rizki dari Allah SWT, yang harus kita syukuri dan manfaatkan dengan baik. Karena rizki yang Allah berikan tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan fisik, tetapi juga untuk mengembangkan potensi diri, beribadah kepada-Nya, dan berkontribusi bagi kemaslahatan umat.

Namun, tidak semua rizki yang Allah berikan sama. Ada rizki yang berkah, ada rizki yang tidak berkah, dan ada rizki yang samar sumbernya. Bagaimana cara mengenali rizki yang berkah atau tidak berkah menurut Islam? Berikut adalah beberapa penjelasan dan ciri-cirinya:

1. Rizki yang berkah adalah rizki yang diperoleh dengan cara yang halal, sesuai dengan syariat Allah, tanpa melanggar hak-hak orang lain, dan tanpa merugikan diri sendiri atau orang lain. Rizki yang berkah juga adalah rizki yang disertai dengan rasa syukur, ketaatan, dan kebaikan kepada Allah dan makhluk-Nya. Rizki yang berkah akan memberikan manfaat, kebaikan, dan kebahagiaan bagi pemiliknya dan orang lain. Ciri-ciri rizki yang berkah antara lain:

- Rizki yang berkah bisa memberikan rasa nyaman dan tentram kepada pemiliknya. Pemiliknya tidak merasa khawatir, cemas, atau takut kehilangan rizkinya, karena ia tahu bahwa rizkinya berasal dari Allah dan hanya Allah yang berhak mengambilnya kembali.

- Rizki yang berkah bisa membuat pemiliknya bersikap zuhud, yaitu tidak tergoda oleh dunia dan segala isinya. Pemiliknya tidak terlalu terikat dengan rizkinya, tetapi lebih mengutamakan akhirat dan ridha Allah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: