Dapat Rezki Mesti Besyukur, Menurut Ulama Ada 4 Rukun Syukur Yang Harus Dipenuhi Menurut Islam

Dapat Rezki Mesti Besyukur, Menurut Ulama Ada 4 Rukun Syukur Yang Harus Dipenuhi Menurut Islam

Dapat Rezki Mesti Besyukur, Menurut Ulama Ada 4 Rukun Syukur Yang Harus Dipenuhi Menurut Islam--

BACA JUGA:Negara Islam Sepakat Dukung Palestina, Berikut Kata Jokowi

BACA JUGA:Bikinnya Cuma Diawur-awur, Begini Cara Membuat Iwel-iwel Gula Merah Enak dan Bikin Nagih

3. Meminta tolong untuk menggapai rida Allah dengan memanfaatkan nikmat dalam ketaatan. Ini adalah cara bersyukur dengan tindakan, yaitu dengan menggunakan nikmat atau rizki yang Allah berikan untuk hal-hal yang baik dan bermanfaat, baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Misalnya, dengan berzakat, bersedekah, berinfaq, membantu orang yang membutuhkan, atau beramal shaleh lainnya. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

« مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ وَمَا زَادَ اللَّهُ عَبْدًا بِعَفْوٍ إِلَّا عِزًّا وَمَا تَوَاضَعَ أَحَدٌ لِلَّهِ إِلَّا رَفَعَهُ اللَّهُ »

"Tidaklah berkurang harta karena disedkahkan, dan tidaklah Allah menambahkan kepada seorang hamba kecuali kemuliaan karena memaafkan, dan tidaklah seseorang tawadhu' karena Allah kecuali Allah akan meninggikannya." (HR. Muslim)

4. Merawat kenikmatan. Ini adalah cara bersyukur dengan menjaga nikmat, yaitu dengan merawat, menjaga, dan melestarikan nikmat atau rizki yang Allah berikan, baik yang bersifat materi maupun immateri. Misalnya, dengan menjaga kesehatan, kebersihan, keamanan, keindahan, atau keutuhan nikmat atau rizki yang kita miliki. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

« نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا كَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ الصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ »

"Dua nikmat yang banyak orang tertipu di dalamnya, yaitu kesehatan dan waktu luang." (HR. Bukhari)

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa cara bersyukur ketika mendapatkan rizki menurut Islam adalah dengan mengakui, memuji, meminta tolong, dan merawat nikmat yang Allah berikan. Dengan cara ini, kita akan mendapatkan keberkahan, kebaikan, dan kebahagiaan dari Allah SWT. Wallahu a'lam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: