Dewan Apresiasi Strategi Percepatan PUPR Mukomuko, Terbukti DAK Bidang Jalan Tuntas Sebelum Kontrak Berakhir

Dewan Apresiasi Strategi Percepatan PUPR Mukomuko, Terbukti DAK Bidang Jalan Tuntas Sebelum Kontrak Berakhir

Dewan Apresiasi Strategi Percepatan PUPR Mukomuko, Terbukti DAK Bidang Jalan Tuntas Sebelum Kontrak Berakhir--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Strategi percepatan proyek Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang jalan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mukomuko selaku OPD pengampu mendapat apresiasi anggota DPRD Mukomuko. 

Pasalnya, 2 paket proyek yang bersumber dari DAK bidang jalan tahun ini dapat diselesaikan dengan waktu yang sangat efisien. Item volume pekerjaan dapat diselesaikan rekanan sebelum kontrak berakhir. 

‘’Ada perubahan yang signifikan dalam strategi penyelesaian proyek di Dinas PUPR. Harus kita apresiasi, dua paket DAK bidang jalan yang dikerjakan tahun ini dapat diselesaikan dengan waktu yang sangat efisien. Secara ekonomis, ini menguntungkan baik dari pelaksana maupun masyarakat pengguna,’’ ungkap anggota DPRD Mukomuko, Sukandi, SE., M.Si kepada radarmukomuko.com, Rabu, 1 November 2023. 

BACA JUGA:Cara Membuat Lemang Bambu, Makanan Tradisional Yang Berwibawa

BACA JUGA:Cara Merebus Daun Saledri Jangan Dicampur Sayuran Lain, Airnya Bagus Untuk Diminum

Seperti diketahui, Dinas PUPR Mukomuko pengampu DAK fisik bidang jalan tahun 2023 sebesar Rp18,4 miliar. Dari pagu dana yang tersedia tersebut digunakan untuk kegiatan rekonstruksi atau peningkatan kualitas jalan di dua kecamatan. 

Sukandi mengungkapkan, anggaran DAK bidang jalan senilai Rp 7,8 miliar telah direalisasikan untuk kegiatan kegiatan rekonstruksi jalan Lubuk Sahung Pondok Baru Simpang Puskesmas Aur Cina di wilayah Kecamatan Selagan Raya dengan total pagu Rp7,8 miliar. Kemudian, kata Sukandi, Rp10,6 miliar lagi untuk kegiatan rekonstruksi ruas Jalan Lingkar Nelan Indah II dan Jalan Pondok Baru Mandi Angin Jaya.

‘’Dari pantauan kami, dua item pekerjaan yang bersumber dari DAK bidang jalan ini dapat dituntaskan. Keduanya berakhir di Desember nanti, namun saat ini semua item pekerjaan sudah dituntaskan,’’ kata Sukandi. 

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dari daerah pemilihan (Dapil) 3 Mukomuko tersebut juga menyampaikan, percepatan dalam pelaksanaan pembangunan menguntungkan masyarakat. Menurutnya, asas manfaat hasil pembangunan yang diselenggarakan pemerintah dapat secara cepat dimanfaat masyarakat. 

BACA JUGA:Dinas Pertanian Mukomuko Usul Penambahan Puskeswan

BACA JUGA:Ruas Mandi Angin – Pondok Baru Program DAK 2023 Tuntas, Kades Supratman: Terima Kasih Pemkab Mukomuko

‘’Mangkanya, sejak awal kita sepakat dan senantiasa mengingatkan untuk kegiatan pembangunan fisik dapat disegerakan. Mengingat asas manfaatnya, bisa dirasakan secara cepat oleh masyarakat,’’ paparnya. 

Kepala Dinas PUPR Mukomuko, Apriansyah, ST., MT membenarkan bahwa dua paket pekerjaan jalan yang notabenenya bersumber dari DAK tahun 2023, dapat diselesaikan secara cepat. Diakuinya, untuk tahun ini pihaknya mengguna strategi percepatan yang sedikit beda dengan tahun sebelumnya. 

‘’Kedua paket DAK bidang jalan dapat dituntaskan sebelum kontrak berakhir. Efisiensi waktu pelaksanaan ini, seiring dengan strategi dalam mengawasi pekerjaan,’’ ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: