Kasus Depresi dan Gangguan Mental Kian Bertambah, Begini Cara Mengatasinya

Kasus Depresi dan Gangguan Mental Kian Bertambah, Begini Cara Mengatasinya

Kasus Depresi dan Gangguan Mental Kian Bertambah, Begini Cara Mengatasinya--

RADARMUKOMUKO.COM – Kasus gangguan kesehatan mental seperti stres dan depresi belakangan ini banyak menyerang anak muda.

Contohnya saja seperti kasus terbaru yang terjadi oleh  mahasiswa di Semarang yang mengalami depresi berat sehingga memutuskan untuk bunuh diri.

Dengan banyaknya kasus tersebut mengingatkan kepada kita untuk lebih peka dan lebih peduli terhadap orang- orang disekitar kita.

Terkadang, banyak sekali tanda dari teman atau sahabat kita yang secara tidak langsung meminta pertolongan pertama untuk mencegah hal yang tidak diinginkan tersebut terjadi.

BACA JUGA:Ingin Harum dan Wangi Cukup Gunakan Tanaman Ini, Enggak Perlu Repot Beli Pengharum Ruangan di Rumah

BACA JUGA:Tips Mengukur Air Beras Saat Memasak Nasi Menggunakan Jari, Hasilnya Pasti Pas dan Pulen

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah tiga langkah yang dapat dilakukan untuk melakukan pertolongan pertama bagi sahabat yang mengalami gangguan kesehatan mental.

1. Lihat dan Perhatikan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan melihat dan memperhatikan orang-orang disekitar kamu.

Apabila orang- orang disekitar memiliki tanda- tanda berupa pesan bernada depresi, ekspresi wajah yang selalu murung, atau kebiasaan yang tidak lazim, maka bisa menjadi tanda bahwa orang disekitarmu sedang mengalami masalah gangguan kesehatan.

Kamu dapat mulai mendekatinya dan membuka obrolan untuk sekedar membalikkan mereka dari pikiran- pikiran yang negatif yang berujung ke niat bunuh diri.

Selain itu, kamu dapat memulai obrolan santai atau mungkin membahas hal- hal yang menjadi minat orang tersebut untuk membangkitkan rasa senang mereka.

2. Mendengarkan

Di saat kamu sudah mengetahui terdapat orang yang disekitarmu mengalami depresi dan memiliki potensi melakukan tindakan ekstrem, maka langkah selanjutnya adalah dengan mulai mendekatinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: