Daftar Pahlawan Wanita Indonesia, Sejak Era Perjuangan Kemerdekaan Hingga Orde Baru

Daftar Pahlawan Wanita Indonesia, Sejak Era Perjuangan Kemerdekaan Hingga Orde Baru

Daftar Pahlawan Wanita Indonesia, Sejak Era Perjuangan Kemerdekaan Hingga Orde Baru--

RADARMUKOMUKO.COM – Indonesia memiliki banyak pahlawan nasional, beberapa diantaranya adalah pahlawan wanita yang sudah berjasa besar untuk bangsa ini.

Beberapa diantara pahlawan wanita ini turut angkat senjata mengusir penjajah. Selain itu bergerak di sektor pendidikan dalam mencerdaskan generasi bangsa, termasuk membela hak-hak perempuan yang tertindas.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut perjuang perempuan Indonesia pada masa kemerdekaan:

Martha Christina Tiahahu

Martha Christina Tiahahu asal Maluku, ia dikenal sebagai  pejuang dari Desa Abubu, Pulau Nusalaut yang lahir pada tanggal 4 Januari 1800. 

Waktu masih berusia 17 tahun, ia sudah berani mengangkat senjata melawan penjajah Belanda. Tak hanya itu, Martha Christina Tiahahu juga selalu memberi semangat pada kaum perempuan untuk membantu laki-laki di medan pertempuran.

Sedihnya, sang ayah, Kapitan Paulus Tiahahu dijatuhi hukuman mati oleh Belanda. Sepeninggal ayahnya, kesehatan fisik dan mentalnya terganggu. 

Laksamana Malahayati

Keumalahayati, juga pejuang asal Kesultanan Aceh yang lahir di Aceh Besar pada tahun 1550. Perempuan tangguh ini memimpin 2.000 orang pasukan Inong Balee (janda-janda pahlawan yang telah syahid).

Dengan keteguhan hati, mereka berperang melawan kapal dan benteng Belanda sekaligus membunuh Cornelis de Houtman. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 11 September 1599. Berkat keberaniannya, maka Malahayati mendapat gelar Laksamana.

BACA JUGA:7 Pejuang Berdarah Tionghoa Yang Turut Berjuang Hidup Mati Membela Indonesia Lawan Penjajah

BACA JUGA:Daan Mogot Pejuang Kemerdekaan yang Disegani dan Ditakuti Penjajah, Mogot Berarti Ini

Namun, Malahayati gugur di tahun 1615 ketika sedang melindungi Teluk Krueng Raya dari serangan Portugis yang dipimpin oleh Laksamana Alfonso De Castro.

Cut Meutia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: