Api Belum Padam, Karhutla di Mukomuko Berpotensi Meluas

Api Belum Padam, Karhutla di Mukomuko Berpotensi Meluas

Api Belum Padam, Karhutla di Mukomuko Berpotensi Meluas --

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Petugas dari berbagai dinas instansi turun bantu padamkan api pada peristiwa kebakaran hutan dan lahan  (Karhutla) di Kabupaten MUKOMUKO, Bengkulu, Senin, 25 September 2023. 

Hingga malam ini, api pada peristiwa kebakaran lahan yang berlokasi di RT05 Kelurahan Bandar Ratu, Kecamatan Kota Mukomuko, berjarak lebih kurang 2 kilometer dari posisi Bandar Udara (Bandara) Mukomuko, belum berhasil dipadamkan. Terpantau dari lokasi kejadian, dampak dari peristiwa kebakaran ini berpotensi makin meluas. Dugaan sementara, penyebab kebakaran ini disebabkan puntung rokok. 


Api Belum Padam, Karhutla di Mukomuko Berpotensi Meluas --

Data terhimpun, peristiwa kebakaran lahan gambut ini baru diketahui sekitar pukul 15.15 WIB, sore ini.  Status lahan, merupakan lahan perkebunan sawit milik CV Edi Mulya Karya dan posisinya masih bersengketa dengan warga SP7 Rawa Mulya Kecamatan Air Manjuto. Dari pantauan di lokasi, luas lahan yang terbakar lebih kurang 2 hektare. 

‘’Lahan lokasi kebakaran ini milik klien kami, Edi Mulya Karya. Posisi sekarang masih bersengketa dengan warga SP7 Rawa Mulya. Peristiwa kebakaran ini secara lisan telah kami laporkan ke pihak kepolisian, dan besok akan kami laporkan secara resmi,’’ kata Junaidi Sporta dari Lembaga Swadaya Masyarakat Koalisi Rakyat Menggugat (KRM) Kabupaten Mukomuko.  

Hal senada juga disampaikan oleh Iwan, warga setempat. Menurut Iwan, perkebunan sawit yang mengalami kebakaran ini dikelola oleh Junaidi. 

‘’Lahan ini milik pak Edi, dikuasakan kepada Junaidi. Dia (Junaidi) yang mengelola lahan ini sekarang,’’ kata Iwan. 


Api Belum Padam, Karhutla di Mukomuko Berpotensi Meluas --

Dalam proses pemadaman api, terpantau di lokasi Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Mukomuko Ruri Irwandi, ST., MT, petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Keselamatan, dari pihak kepolisian Polsek Mukomuko Utara dan Polres Mukomuko. Selain itu, turut hadir membantu proses pemadaman api Babinsa Bandar Ratu. 

‘’Untuk proses pemadaman ini akan kita lanjutkan besok,’’ pungkas Ruri Irwandi. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: