Pusat Bantu Dana Rp10 Miliar, Bangun Gedung Perpustakaan Mukomuko di 2024

Pusat Bantu Dana Rp10 Miliar, Bangun Gedung Perpustakaan Mukomuko di 2024

Pusat Bantu Dana Rp10 Miliar, Bangun Gedung Perpustakaan Mukomuko di 2024--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Miris, sudah 20 tahun berdiri menjadi sebuah kabupaten. Kabupaten MUKOMUKO, Bengkulu belum miliki gedung perpustakaan sendiri tempat menyimpan buku-buku dan jurnal untuk disajikan kepada khalayak umum. 

Hingga saat ini, tempat penyimpanan buku, arsip dan jurnal serta pelayanan penyajian buku perpustakaan oleh Pemkab Mukomuko, masih meminjam gedung sekolah.

Tentu kurang nyaman, karena situasi ruang kerja perpustakaan kurang representatif. Lebih lagi ketika ada kunjungan siswa sekolah. Terkadang para siswa terpaksa harus membaca buku-buku pilihan di teras. 

Kondisi ini mengundang perhatian Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE., MM,. Ak., CA., CPA., CPI. Dengan tekatnya, ia mencoba berjuang ke tingkat pusat untuk mendapatkan anggaran pembangunan gedung perpustakaan Mukomuko. 

BACA JUGA:Penampakan Jalan Inpres Tanah Rekah - Setia Budi Mukomuko

Berkat kerjasama dengan OPD Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Mukomuko, kesungguhan Bupati Mukomuko dalam memperjuangkan bangunan perpustakaan taklah sia-sia. Atas kesungguhan tersebut, hingga menaruh perhatian pemerintah pusat. 

Kabar teranyar, pemerintah pusat mengalokasikan dana sebesar Rp10 miliar untuk pelaksanaan pembangunan gedung Perpustakaan Mukomuko. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mukomuko, Dr. Abdiyanto, SH., M.Si kepada radarmukomuko.com, Senin, 25 September 2023. Ia membenarkan bahwasanya pemerintah pusat telah menyiapkan anggaran membantu pembangunan gedung Perpustakaan Mukomuko. 

‘’Informasi yang kita terima, untuk gedung perpustakaan ini, Pemkab Mukomuko mendapat bantuan dana Rp10 miliar. Rencana pembangunan gedung perpustakaan, masuk dalam agenda kegiatan DAK (Dana Alokasi Khusus) 2024,’’ ungkapnya. 

BACA JUGA:Bakti Kesehatan Sambut HUT ke 78 TNI, Kodim 0428/Mukomuko Gelar Donor Darah dan Sunatan Massal

Ketika dihubungi, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko, Winarto, S.Pd mengaku belum mendapatkan surat pemberitahuan resmi terkait pengalokasian anggaran untuk pembangunan gedung perpustakaan tersebut. 

‘’Harapannya demikian. Akan tetapi, surat pemberitahuan resminya belum kami terima. Sebagai OPD pengampu, surat resmi ini nanti sebagai dasar untuk penyusunan rencana kerja (RK)-nya,’’ imbuh Winarto. 

Winarto menyampaikan, Bupati Sapuan terbilang sosok yang gigih dalam memperjuangkan anggaran di tingkat pusat untuk mewujudkan pembangunan gedung perpustakaan. Harus diakui, semua pemangku kepentingan di tingkat pusat ditemui, minta dukungan penganggaran. 

Berbicara soal perjuangan bupati, semua pemangku kebijakan ditemui. Mulai dari Bappenas, Perpusnas hingga DPR RI sekalipun didatanginya untuk meminta dukungan penganggaran gedung perpustakaan. 

‘’Tak dipungkiri, kalaulah gedung perpustakaan ini nantinya terwujud, itu salah satu bukti nyata hasil kerja beliau. Bayangkan, sudah dua puluh tahun Mukomuko jadi kabupaten, belum memiliki gedung perpustakaan sendiri,’’ paparnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: