Keris Pangeran Diponegoro Bikin Belanda Keder, Ditembak Tepat Pada Tubuhnya, Seringkali Meleset

Keris Pangeran Diponegoro Bikin Belanda Keder, Ditembak Tepat Pada Tubuhnya, Seringkali Meleset

Keris Pangeran Diponegoro Bikin Belanda Keder, Ditembak Tepat Pada Tubuhnya, Seringkali Meleset--

RADARMUKOMUKO.COM - Kesaktian kris milik Pangeran Diponogoro Kiai Nogo Siluman yang selalu beliau pegang atau gamit  ketika  berperang menghadapi penjajah.

Konon kris Kiai Nogo Siluman pernah di lemparkan Pangeran Diponogoro ke laut kidul, dan keberadaan kris tersebut menarik perhatian Ratu Kidul.

Sebagai anak sulung  dan keturunan bangsawan  Keraton Yogyakarta  Sultan Hamengku Buwono III, Pangeran Diponegoro memiliki  pusaka keris  sakti Kiai Nogo Siluman   yang menjadi alat perlindungan diri ketika berperang.

Kabarnya, Keris tersebut yang menjadi salah satu kesaktian dan kekuatan  Pangeran Diponegoro.  Hingga Keris sakti tersebut  menjadi perhatian Belanda  jika benda itu sedang  melekat di badannya. 

Dimana sering kali keberanian  Diponegoro melawan Belanda hanya dengan bersenjatakan sebilah keris, itupun  membuat pasukan Belanda langsung  keder. 

BACA JUGA:Kisah Legenda Putri Mandalika, Dicintai Banyak Pangeran, Pilih Bunuh Diri Demi Kedamaian

BACA JUGA:Kisah Asmara Pangeran Diponegoro dan Perempuan Cantik Etnis Tionghoa Kalahkan Penjajah

Karena sangat tidak sebanding dengan pasukan Belanda yang memiliki senjata canggih pada masa itu.

Bahkan, Belanda meyakini  Pangeran Diponegoro memiliki kesaktian yang berasal dari keris  tersebut. Sebab terbukti sudah beberapa kali tembakan pasukan Belanda yang diyakini mengenai tubuh Pangeran Diponogoro  tidak mamapu menghabisi nyawanya. Meski sudah terarah tepat pada tubuhnya, seringkali tembakan itu pada akhirnya meleset.

Sehingga Masyarakat mempercayai jika kesaktian itu berasala dari keris Kiai Nogo Siluman yang didapatkan saat bertapa di Gua Siluman sekitar tahun 1805. Saat itu dia didatangi Putri Genowati, salah satu wakil Ratu Kidul yang menguasai Pantai Selatan.

Dikutip dari beberapa sumber, dalam biografi Diponegoro, The Power of Prophecy yang ditulis sejarawan Peter Carey, menyebutkan jika isian keris tersebut mengandung makna hubungan antara manusia di dunia nyata dan makhluk-makhluk gaib tak kasat mata.

Keunikan Keris Kiai Nogo Siluman digambarkan memiliki 13 luk dan sering dilemparkan ke laut kidul. Bahkan dikisahkan Ratu Kidul pernah datang menawarkan bantuan pasukan gaib untuk mengusir Belanda. Namun pertolongan gaib itu ditolaknya.

Pertempuran yang dijalani Pangreran Diponegoro selalu dahsyat. Strategi gerilya yang diciptakannya membuat Belanda kehilangan ribuan pasukan.

Perang Jawa yang terjadi selama lima tahun menjadi sejarah besar bukan hanya lantaran biayanya dan korbannya yang berjumlah fantastis. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: