Hanya di Suku Ini, Istri Bisa Diwariskan dan Hidup Menjanda Menderita Hingga Tersakiti

Hanya di Suku Ini, Istri Bisa Diwariskan dan Hidup Menjanda Menderita Hingga Tersakiti

Hanya di Suku Ini, Istri Bisa Diwariskan dan Hidup Menjanda Menderita Hingga Tersakiti--

RADARMUKOMUKO.COM - Komunitas atau suku Luo berada di Kenya, utara Uganda, dan di Region Mara di utara Tanzania. Luo atau biasa disebut Joluo atau Jonagi, Onagi artinya "Para pewaris Ramogi". Suku ini memiliki tradisi praktik budaya warisan janda (WI) dan pembersihan seksual.

Warisan janda menjadi praktik budaya tradisional, di mana laki-laki yang ditunjuk bertanggung jawab atas dukungan sosial dan ekonomi seorang janda setelah kematian suaminya. 

Dalam tradisi waris janda atau WI, ahli waris bisa saudara laki-laki atau sepupu dari almarhum suami janda, atau seseorang yang tidak berhubungan dengan suami. Tradisi unik pembersihan area intim wanita, biasa secara lokal disebut sebagai “Kusasa Fumbi”.

BACA JUGA:Perang Puputan Suku Osing Tidak Mau Diatur Penjajah, Perang Hingga Mati Ketimbang Dijajah

BACA JUGA:Inilah Lima Suku Asli Kepulauan Riau, Bertahan Ditengah Kemajuan Batam

Tradisi unik tersebut melibatkan seorang wanita yang berhubungan seksual tanpa kondom dengan seorang pria tertentu.

Pria-pria tersebut biasa disebut dengan “hyena”, yaitu bisa para pria dari pekerja seks professional ataupun calon suami.

Atau pria yang berasal dari saudara ipar seorang janda, atau seorang pria yang memamng dibayar oleh keluarga wanita maka disebut dengan sebutan “hyena”.

Tradisi unik pemebersihan area s3ksual wanita ini terbagi menjadi beberapa kesempatan terpisah.

Seperti ritual pembersihan, orang-orang Luo percaya bahwa kematian seorang suami membuat sang janda najis dan membatasinya untuk berpartisipasi penuh dalam acara-acara sosial tertentu. 

Ritual seksual dilakukan untuk membersihkannya dan sepenuhnya mengintegrasikannya kembali ke dalam kehidupan komunitas yang normal.

BACA JUGA:Kisah Nyai Balau, Wanita Sakti dari Suku Dayak Yang Dikenal Sopan dan Baik Hati

BACA JUGA:Hanya Suku Bugis Yang Miliki 5 Gender, Bukan Saja Jenis Kelamin Pria dan Wanita

Ritual lainnya selama menjanda seperti, persyaratan masyarakat bagi wanita yang sedang atau telah menikah untuk menjalankan ritual seksual untuk menandai dimulainya acara sosial, khususnya musim produksi makanan, ritus peralihan, dan pendirian rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: