Mukomuko Penerima DBH Sawit Terbesar di Bengkulu

Mukomuko Penerima DBH Sawit Terbesar di Bengkulu

Mukomuko Penerima DBH Sawit Terbesar di Bengkulu --

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Pemerintah pusat telah menetapkan 350 daerah calon penerima Dana Bagi Hasil (DBH) sawit tahun 2023. Khusus di Provinsi Bengkulu, patut disyukuri Kabupaten MUKOMUKO sebagai penerima DBH sawit terbesar.   

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mukomuko, Dr. Abdiyanto, SH., M.Si ketika dikonfirmasi pada Jum’at, 15 September 2023.

‘’Alhamdulillah perjuangan kepala daerah dari daerah penghasil sawit untuk mendapatkan DBH sawit selama ini taklah sia-sia. Patut kita bersyukur, daerah kita diposisi agak lebih dari kabupaten/kota se Provinsi Bengkulu,’’ ungkap Abdiyanto. 

BACA JUGA:Pemkab Mukomuko Usulkan Bangunan Embung ke BWS untuk Persediaan Air Sawah Petani Ipuh

Dijelaskan Abdiyanto, DBH sawit tahun ini yang bakal dikucurkan untuk pembangunan di Kabupaten Mukomuko sebesar Rp 16,8 miliar. Angka ini sedikit lebih rendah dari yang ditetapkan untuk Pemerintah Provinsi Bengkulu,  Rp 21,7 miliar. 

‘’Ya, Kabupaten Mukomuko di bawah provinsi,’’ imbuhnya. 

Secara rinci, Bengkulu Utara berada di posisi nomor 2 terbesar, dengan nilai Rp 12,7 miliar. Kemudian, Bengkulu Selatan Rp 6,7 miliar, Rejang Lebong Rp5,7 miliar, Kota Bengkulu Rp6,1 miliar, Kabupaten Kaur Rp7,8 miliar, Kabupaten Seluma Rp 9,6 miliar. 

Selain itu, Kabupaten Lebong Rp4,2 miliar, Kabupaten Kepahiang Rp5,7 miliar dan Bengkulu Tengah 9,01 miliar. 

BACA JUGA:Pembangunan Rumah Adat Mukomuko Tahap Dua Dimulai

Perlu diketahui, tahun ini pemerintah pusat mengucurkan Dana Bagi Hasil (DBH) sawit sebesar Rp3,3 triliun untuk 350 daerah kabupaten/kota dan provinsi calon penerima. 

Penggunaan dan peruntukan anggaran DBH harus mengacu kepada Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 91 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Dana Bagi Hasil Perkebunan Kelapa Sawit. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: