Berhati-hatilah Mengakses Aplikasi, BRI Tidak Mengantikan Uang Hilang Akibat Kelalaian Nasabah
Berhati-hatilah Mengakses Aplikasi, BRI Tidak Mengantikan Uang Hilang Akibat Kelalaian Nasabah--
RADARMUKOMUKO.COM - Peristiwa penipuan online yang menimpa salah satu nasabah BRI yang ditangani oleh Polda Kalimantan Selatan.
Diduga menjadi korban tindak kejahatan penipuan online atau social engineering, yang harus kehilangan tabungan sebesar Rp 1,5 miliar akibat kelalaian nasabah.
Pimpinan Kantor Cabang BRI Kandangan I Nengah Budi Harsana mengatakan tidak mengantikan uang yang hilang akibat kelalaian nasabah.
Menurutnya, BRI berempati atas hal tersebut.
BACA JUGA:Bisa Bikin Kepor, Ilmu Hitam Paling Ternama dan Asal Negara dan Daerahnya
BACA JUGA:Jangan Sampai Tidak Tahu, Ini 11 Suku Penghasil Wanita Cantik Mempesona Idaman Pria
Namun, demikian bank hanya akan melakukan penggantian kerugian kepada nasabah apabila kelalaian diakibatkan oleh sistem perbankan. Oleh karena itu, Budi menyatakan jika BRI senantiasa mengimbau nasabah agar lebih berhati-hati dan tidak mengunduh, menginstal, maupun mengakses aplikasi tidak resmi serta diimbau agar nasabah tetap menjaga kerahasiaan data pribadi dan data perbankan kepada orang lain atau pihak yang mengatasnamakan BRI.
Begitu juga informasi data pribadi maupun data perbankan baik itu nomor kartu, PIN iser, Password, OTP dan sebagainya melalui saluran tautan atau website dengan sumber yang tidak bertanggung jawab.
Dengan semakin beragamnya modus penipuan secara digital, BRI juga mengimbau agar nasabah tidak sembarang menginstall aplikasi dengan sumber yang tidak resmi dan tidak dapat dipertanggungjawabkan.
Data atau informasi dapat dicuri para fraudster apabila masyarakat menginstall aplikasi dengan sumber tidak resmi yang dikirimkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.
"Kami juga mengimbau hal yang sama ke masyarakat umum bahwa modus penipuan social engineering tersebut juga dapat terjadi di bank manapun," kata Budi.
Kemudian BRI selalu menjaga data kerahasian nasabah, dan tidak pernah menghubungi nasabah untuk meminta data rahasia, seperti username, password, PIN, maupun Kode OTP dan sebagainya.
BACA JUGA:Wujudkan UMKM Kriya Unggul Demi Indonesia Maju, BRI Dukung Pameran Kriyanusa 2023
BACA JUGA:KUR BRI Rp 25 Juta, Rp 50 Juta Hingga Rp 500 Juta, Ini Jenis dan Cara Mengajukan Pinjaman
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: