Saat Presiden Soekarno Resah, Menyadari Sahabatnya Bung Hatta Belum Menikah Diusia 43 Tahun

Saat Presiden Soekarno Resah, Menyadari Sahabatnya Bung Hatta Belum Menikah Diusia 43 Tahun

Saat Presiden Soekarno Resah, Menyadari Sahabatnya Bung Hatta Belum Menikah Diusia 43 Tahun--

RADARMUKOMUKO.COM - Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta bukan saja bersama sebagai presiden dan wakil presiden Indonesia pertama. Tapi Keduanya adalah sahabat yang berjuang bersama untuk bangsa ini sesuai peran masing-masing.

Dalam perjuangan untuk bangsa duet keduanya tak terpisahkan, selalu sering membantu, memberi masukan dan mengingatkan. Maka nama keduanya selalu beriringan, Soekarno Hatta.

Kedekatan keduanya juga dalam urusan lain, salah satunya menyangkut dengan pericintaan. 

Sebagai rekan seperjuangan dan sahabat dekat, Bung Karno sempat risau karna Bung Hatta masih melajang diusia sudah begitu matang serta selalu terlihat dingin di depan perempuan. 

BACA JUGA:Bakal Calon Presiden Anies Baswedan Ternyata Cucu dari Pahlawan Nasional Abdurahman Baswedan

BACA JUGA:Kyai Gentayu, Kuda Pangeran Diponegoro Mengamuk Menerjang Pasukan Belanda 4 Tewas, Asli Tanpa Dikomando

Walau sudah menjadi prinsip dari Bung Hatta kala itu, Pantang Menikah Sebelum Republik Indonesia Merdeka. Hingga akhirnya ia menikah di usia 43 tahun dengan seorang perempuan bernama Rachmi Rahim.

Diceritakan, Bung Karno langsung turun tangan melamar Rachmi Rahim untuk Bung Hatta, hingga akhirnya mereka menikah pada 18 November 1945.

Kisahnya, sebelumnya Bung Hatta pernah menjalin hubungan dengan seorang wanita bernama Anni yang kelak menjadi ibu mertua atau ibu dari istrinya Rachmi Rahim.

Anni adalah anak Teuku Nurdin, penerjemah pemerintah Nangroe Aceh Darussalam. 

Anni juga bukan perempuan biasa, melainkan seorang nasional, aktivis perempuan yang juga ikut andil dalam Kongres Perempuan Indonesia III di Bandung. 

Keduanya lantas menjalin kasih hingga sudah bertunangan. Namun jodoh tak dapat ditawar, Hatta dan Anni memutuskan untuk berpisah dan tak berjodoh hingga ke pelaminan. 

Anni ibunda dari Rahmi kemudian menikah dengan kawan dekat Bung Karno, Abdul Rachim dan dikaruniai dua orang putri, Rachmi dan Titi.

Terus awal pertemuan Bung Hatta dengan sang istri Rahmi Rahim, yaitu saat melakukan kunjungan bersama Bung Karno sapaan akrab Presiden Soekarno, Bung Hatta bertemu Rahmi di Institut Pasteur, Bandung untuk pertama kalinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: