Warga Padang Gading Mulai Manfaatkan Bangunan Baru

Warga Padang Gading Mulai Manfaatkan Bangunan Baru

Serah Terima: Kades Padang Gading dan rombongan kecamatan foto bersama disalah satu bangunan yang sudah selesai--

SUNGAI RUMBAI, RADARMUKOMUKO.COM - Pemdes Padang Gading Kecamatan Sungai Rumbai, memang patut diapresiasi dan menjadi contoh untuk desa yang lainnya. Pasalnya mereka berhasil menuntaskan kegiatan pembangunan fisik yang bersumber dari Dana desa (DD) Tahun Anggaran (TA) 2023 tepat waktu sesuai dengan perencanaan. Adapun bangunan fisik yang sudah mereka tuntaskan yaitu, pembangunan Puskesdes, pembangunan teras Posyandu, pembangunan Teras Balai desa, dan pembangunan 1 Unit MCK desa. Semua bangunan fisik itu sudah selesai 100 persen. Dan sudah dilakukan serah terima. Diawali dengan penyerahan dari Tim Pengelola Kegiatan (TPK) kepada Pemdes. Selanjutnya hasil pembangunan itu langsung diserahkan ke masyarakat dalam hal ini diwakili langsung oleh BPD. Sekarang bangunan baru yang bersumber dari DD itu mulai dimanfaatkan warga.

Kepala Desa (Kades) Pasang Gading, Pujianto mengatakan, semua bangunan yang mereka realisasikan melalui DD tahun 2023 ini. Sebelumnya adalah usulan dari masyarakat. Kemudian usulan tersebut ditetapkan dalam APBDes tahun 2023. Sekarang semua bangunan itu sudah selesai 100 persen direalisasikan sesuai dengan permintaan dan usulan masyarakat sebelumnya.

BACA JUGA:Seru dan Lucu, Perayaan HUT RI di Sido Makmur

"Semua usulan awalnya dari masyarakat. Kita dari Pemdes hanya merealisasikan. Setelah semua bangunan selesai. Bangunan itu langsung diserahkan kepada masyarakat. Kita harap bangunan ini bisa dirawat dan dijaga secara bersama. Sehingga bangunan ini bisa tahan dalam jangka panjang," kata Pujianto.

Dijelaskannya, sebelum bangunan tersebut dilakukan setelah terima. Semua Bangunan itu sudah dicek atau di Monitoring dan Evaluasi (Monev) oleh kecamatan dan PDTI. Setelah memastikan semua volume bangunan sesuai dengan perencanaan dan desain gambar RAB. Bangunan itu langsung  dilakukan serah terima. Setelah dilakukan sereh terima semua bangunan yang sudah selesai tersebut langsung dimanfaatkan oleh masyarakat.

BACA JUGA:Kades Sibak Merasa Diprank Dinas PUPR

"Sesuai dengan hasil cek lapangan. Semua volume bangunan sudah sesuai dengan perencanaan awal. Tidak ada volume yang kurang, semua bangunan sesuai dengan desain gambar yang sudah kita sepakati dalam APBDes," bebernya.

Ditambahkannya, setelah menuntaskan kegiatan fisik. Sekarang pihaknya mulai fokus menyusun perencanaan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun rencana 2024. Mereka menargetkan sebelum akhir tahun berkas Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) TA 2024 harus sudah selesai dan terigister di bagian Hukum Setdakab Mukomuko. Sehingga awal tahun 2024 mendatang mereka sudah bisa menyiapkan berkas pengajuan tahap I.

"Perencanaan RKPDes 2024 sekarang sudah mulai kita godok. Target kita akhir Desember mendatang berkas APBDes rampung," tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: