Nama Toyota Kijang Ternyata Sebuah Singkatan, Bagian dari Sejarah Otomotif Bangsa

Nama Toyota Kijang Ternyata Sebuah Singkatan, Bagian dari Sejarah Otomotif Bangsa

Nama Toyota Kijang Ternyata Sebuah Singkatan, Bagian dari Sejarah Otomotif Bangsa--

RADARMUKOMUKO.COM - Kijang, sama-sama diketahui merupakan nama binatang yang dikenal lincah dan punya kecepatan tinggi. Maka merek mobil Toyota Kijang yang penomenal di Indonesia, tentu juga menggambarkan mobil yang lincah, cepat dan yang pasti bandel.

Kijang merupakan mobil Toyota pertama di Indonesia, diluncurkan oleh Presiden Soeharto di Pekan Raya Jakarta di tahun 1977. 

Kijang generasi pertama atau yang dikenal dengan sebutan “Kijang Buaya” lahir sebagai kendaraan niaga dalam wujud mobil pikap. 

BACA JUGA:Cara Gampang Download Lagu di YouTube Menjadi Format MP3 Tanpa Aplikasi, Bisa Via Handphone

Generasi kedua yang lahir pada tahun 1981 hingga 1986 dikenal dengan julukan Toyota Kijang 'Doyok' dengan kode sasis KF20. Disebut Doyok karena bentuknya yang kotak dan kurus, identik dengan tokoh sebuah media cetak kala itu.

Terdapat beberapa versi Kijang Doyok saat itu ada Beta, Tamara, Turangga, Targa GT dan lainnya. Semua tipe tersebut dikerjakan oleh perusahaan karoseri yang mengubah tampilan dari Kijang tersebut.

Terus generasi ketiga, konsep Kijang sebagai kendaraan angkutan barang mulai bergeser sebagai kendaraan penumpang.

BACA JUGA:KUR Pertanian Bisa Cair Rp 10 Juta Hingga 100 Juta, Cocok Untuk Modal Mengolah Tanaman Petani

Mesinnya masih 5K 1.500 cc tapi punya tenaga lebih besar dari generasi sebelumnya dan sudah disedikan pula varian transmisi 4 percepatan dan 5 percepatan manual.

Dijuluki Kijang Super, ada beberapa varian yang disediakan Toyota saat itu. Yakni Commado untuk tipe 4 pintu dengan transmisi 4 speed atau 5 speed dan ada tipe Ranger yang berbentuk 3 pintu. 

Di tengah ganasnya persaingan otomotif, nama Toyota Kijang tidak tergantikan dan tidak memudar sampai sekarang. Toyota Kijang terus bertransformasi, pada awalnya merupakan mobil niaga, sekarang berubah menjadi menjadi MPV. 

Toyota Kijang Innova sudah hadir di Indonesia sebanyak enam generasi dengan berbagai sebutan oleh publik. 

BACA JUGA:Sejarah Pemberontakan DI/TII Setelah Proklamasi Kemerdekaan, Ujian Paling Berat Bangsa

Mulai dari Kijang “Buaya” (1977-1981), Kijang “Doyok” (1981-1986), Kijang Super (1986-1996), Kijang “Kapsul” (1986-2004), Kijang Innova (2004-2015), sampai Kijang Innova Reborn (2015-sekarang).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: