Lama Ditinggal Suami, ODGJ Melahirkan

Lama Ditinggal Suami, ODGJ Melahirkan

Lama Ditinggal Suami, ODGJ Melahirkan --

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) sebut saja namanya Bunga, melahirkan seorang anak laki-laki dengan berat 2,6 Kilogram (Kg) pada tanggal 17 Agustus 2023, di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Al-Barra MUKOMUKO. Bunga merupakan warga Desa Pondok Panjang, Kecamatan V Koto. Suami Bunga dikabarkan sudah lama meninggalkan Bunga. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten MUKOMUKO, Pitriyani, S.Pt., mengaku sempat menanyakan kepada Bunga mengenai keberadaan suami Bunga. Pengakuan dari Bunga, suami bunga sudah lama meninggalkan Bunga. Kabarnya terakhir suami Bunga sedang berada di Kota Padang. 

‘’Terkait berapa lama suami Bunga kabur, kami tidak tahu pasti. Karena susah untuk menggali informasi detail dari Bunga. Sehingga tidak diketahui perbuatan siapa ini,’’ujar Pitriyani, Minggu (20/8).

BACA JUGA:Progres Realisasi Investasi di Mukomuko Terus Bergerak, Posisi Triwulan Dua Rp1,6 Triliun

Pitriyani, mengaku ia bersama Bupati Mukomuko dan Istri sudah mengunjungi Bunga, pada tanggal 16 Agustus 2023. Saat itu, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Mukomuko dalam hal ini Dinsos memberi bantuan kepada Bunga berupa pakaian dan Pempers untuk Bunga, beserta pakaian bayi dan perlengkapan bayi lainnya. 

‘’Bantuan sudah diserahkan Bupati langsung kepada Bunga, yang disaksikan keluarga Bunga dan beberapa tim medis di sana,’’kata Pitriyani

Dokter Spesialis Kandungan yang menangani Bunga, dr. Dodi Hendra, SP.OG (K) FER., mengatakan bahwa Bunga dibawa ke RSIA Al-Barra Mukomuko, pada tanggal 16 Agustus 2023 oleh salah satu Bidan di Kecamatan V Koto. Pengakuan Bidannya, tidak sanggup menangani persalinan Bunga, karena Bunga mengalami pecah ketuban sebelum memasuki waktu persalinan. Sehingga Bidan tersebut merujuk ke RSIA Al-Barra. 

BACA JUGA:Jalan Rusak Akibat Banjir, Dinas PUPR Gerak Cepat

‘’Bidan yang membawa ke sini, karena Bunga sudah pecah ketuban sebelum waktunya,’’ujar Dodi

Dodi mengatakan bahwa Bunga melahirkan anaknya dengan selamat dan kondisi anaknya juga sehat. Sehingga pada tanggal 19 Agustus 2023, Bunga sudah diizinkan pulang. Pihak RSIA Al-Barra sempat kesulitan membujuk Bunga untuk pulang. Karena Bunga tidak ingin pulang kecuali Dodi yang mengantar sampai ke rumahnya.

‘’Saya tidak mau pulang kalau tidak di antar oom Dokter, kata Bunga saat diminta pulang. Makanya saya langsung yang mengantar sampai rumahnya,’’ungkap Dodi

Dodi juga mengatakan bahwa Bunga tidak mengeluarkan biaya persalinan, karena sudah diakomodasi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Dodi mengaku menyaksikan Bupati Mukomuko dan Istri didampingi pihak Dinsos, memberikan bantuan kepada Bunga. 

‘’Bupati dan Dinsos sudah memberi bantuan. Saya lihat ada 2 tas yang diserahkan,’’demikian Dodi.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: