8 Suku Asli Kalimantan, Dikenal Memiliki Kemampuan Mempuni dan Penghasil Wanita Cantik

8 Suku Asli Kalimantan, Dikenal Memiliki Kemampuan Mempuni dan Penghasil Wanita Cantik

suku suku di kalimantan-Radar Mumuko-istimewa radar mukomuko

 

RADARMUKOMUKO.COM – Samahalnya dengan provinsi lain, Kalimantan memiliki beragam suku bangsa, baik suku asli Kalimantan maupun suku keturunan. 

Suku-suku di Kalimantan cukup disegani sejak dulu, karena dikenal dengan kemampuannya dalam menghadapi musuh yang datang ingin mengganggu.

Musuh bukan saja diladeni dengan adu fisik dan senjata, tapi juga akan dilawan dengan ilmu gaib yang menakutkan. Tambah lagi berbagai tradisi dan ritual yang mereka miliki cukup menakutkan. 

Juga suku-suku di Kalimantan seperti Dayak dikenal memiliki wanita super cantik, kulit kuning langsat dan rambut yang hitam pekat. 

Terkadang, hal ini membuat gadis Dayak dianggap sebagai orang dengan keturunan Tionghoa karena ciri fisiknya yang mirip.

Hal ini tidak sepenuhnya salah. Menurut Fransiskus Suma, seorang budayawan Dayak, gadis-gadis Dayak yang memiliki kulit putih dan rambut hitam ini memang berasal dari percampuran keturunan suku Dayak asli dengan orang Tionghoa yang mulai datang ke Indonesia sejak 1368 hingga 1643.

BACA JUGA:Tutorial Mengukus Ubi Singkong Agar Matang Merekah dan Nikmat Untuk Dimakan dan Mengenyangkan

BACA JUGA:Mengenal Pulau Atol Mangiatan, Pulau yang Menawarkan Pesona Eksotis dan Habitat Para Komodo

Membahas satu persatu suku di Kalimantan tentu cukup panjang, maka pada kesempatan ini akan akan dipaparkan sejarah singkat 8 suku asli Kalimantan.

 

1. Suku Dayak 

Suku Dayak merupakan suku terbesar yang mendiami Kalimantan. Dimana nama ini diberikan oleh penjajah kepada penghuni Pulau Borneo pada masa penjajahan dulu. 

Dulunya, Suku Dayak memiliki budaya yang begitu kental yaitu budaya maritim atau bahari. Yang mana ditunjukkan pada nama Orang Dayak, yang berhubungan dengan perhuluan atau sungai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: