Hingga Pertengahan Tahun, 1.417 Penduduk Mukomuko Pindah

Hingga Pertengahan Tahun, 1.417 Penduduk Mukomuko Pindah

Hingga Pertengahan Tahun, 1.417 Penduduk Mukomuko Pindah--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM - Dinas Kependudukan dan Pencatat Sipil (Disdukcapil) Kabupaten MUKOMUKO, mencatat dari bulan Januari hingga Juli tahun 2023 jumlah penduduk yang pindah dari MUKOMUKO 1.417 orang dan penduduk yang datang berjumlah 1.341 orang. Sehingga jumlah penduduk Kabupaten MUKOMUKO berkurang 76 orang. Sebagaimana disampaikan oleh Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Disdukcapil MUKOMUKO, Novita Putriami, S.PT., M.SI.

BACA JUGA:Paskibra Sukses Kibarkan Merah Putih, Bupati Mukomuko Ajak Gontong Royong Membangun Daerah

Novita mengatakan angka perpindahan penduduk mengalami naik turun setiap tahun. Namun angka pastinya, ia mengaku tidak ingat. Penduduk Mukomuko yang pindah paling banyak saat tahun ajaran baru sekolah. Karena banyaknya siswa, terutama tamatan SMA sederajat pindah ke sekolah luar daerah atau memasuki perguruan tinggi. Sedangkan penduduk yang datang tidak menentu. Biasanya disebabkan pekerja di luar daerah pindah tugas ke Mukomuko, Pensiun, atau telah menyelesaikan pendidikan. 

''Pindah penduduk paling banyak saat ajaran baru, karena banyak yang melanjutkan sekolah keluar daerah mengaju pindah penduduk,''ujar Novita

BACA JUGA:Ketua Kwarcab Mukomuko Hadiri Perkemahan di SDN 01 Air Manjuto

Novita mengatakan bahwa pengajuan pindah penduduk bisa dilakukan di Disdukcapik tujuan pindah atau Disdukcapil asal. Untuk mempercepat proses pengajuan pindah penduduk sebaiknya dilakukan dari daerah asal. Kemudian menunjukkan surat pindah kepada Disdukcapil tujuan. Jika dilakukan langsung dari Disdukcapil tujuan, makan waktu penyelesaian tidak tentu. Karena Disdukcapil tujuan harus mengajukan permohonan kepada Disdukcapil asal. Kemudian harus menunggu persetujuan Disdukcapil asal, selanjutnya Disdukcapil asal akan mengeluarkan data, kemudian diterima Disdukcapil tujuan. 

''Sebaiknya ajukan surat pindah di Disdukcapil asal, supaya prosesnya lebih cepat,''kata Novita.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: